Tulus tampil di Java Jazz Festival 2020 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu(1/3/2020) Tulus membawakan lagu Monokrom,Labirin,Ruang Sendiri
Tulus tampil di Java Jazz Festival 2020 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu(1/3/2020) Tulus membawakan lagu Monokrom,Labirin,Ruang Sendiri ( KOMPAS.com/Diendra Thifal Rahmah)

Promotor Janji Akan Kembalikan Dana Karena Pembubaran Konser Tulus di Bandung

1 April 2022 11:47 WIB

SonoraBangka.Id - Konser Soundsfest Bersua yang dihadiri Tulus dan Tiara Effendy di Bandung ramai dibicarakan usai menuai kekecewaan para penonton. Konser dengan bintang tamu Tulus yang digelar pada Senin (29/3/2022) di Critical 11, Cicendo, di komplek Lanud Husein Sastranegara itu dibubarkan petugas karena tidak mengantongi izin.

Video para penonton mengungkap kekecewaan pada pihak panitia pun viral di media sosial, utas berisi kronologi pembubaran konser Soundsfest Bersua di Bandung itu juga ramai dibicarakan di Twitter. Berselang dua hari sejak pembubaran konser, pihak Soundsfest secara resmi mengumumkan akan melakukan proses pengembalian dana penuh kepada para penonton.

"Sebagai bentuk pertanggungjawaban, pihak promotor juga menjelaskan akan melakukan proses refund maksimal 30 hari," tulis Soundsfest dalam rilis di akun Instagram @soundsfest, Jumat (1/4/2022). Penonton bisa mengajukan pengembalian dana melalui link yang akan disediakan pihak prmotor di Instagram @soundsfest.

Pengajuan pengembalian dana bisa dilakukan sejak tanggal 1 April hingga 11 April 2022. "Untuk mempercepat refund diharapkan semua pembeli tiket Soundsfest Bersua yang diadakan di Critical 11 Bandung dapat mengisi di link yang sudah disediakan dengan periode pengisian dimulai dari tanggal 1 April hingga 11 April 2022," tulisnya.

Dalam rilis resmi itu, pihak Soundsfest juga menyampaikan permintaan maaf para pihak artis dan para penonton yang gagal menyaksikan pertunjukan musik di Critical 11. Soundsfest juga mengakui bahwa pembubaran konser di Bandung terjadi karena kurangnya kelengkapan perizinan acara.

"Ruth Natalia selaku perwakilan Soundsfest Bersua menyampaikan bahwa acara Soudsfest Bersua 2022 yang diadakan tanggal 29 Maret 2022 di Critical 11 Bandung dengan pengisi acara Tiara Effendy & Tulus benar dibubarkan. Hal ini terjadi karena tidak adanya kelengkapan pernyataan perizinan secara tertulis dan infoemasi yang didapatkan promotor kurang menyeluruh," tulis promotor. Dikutip dari Kompas.com pembatalan Soundsfest di Bandung bukan kali pertama terjadi.

Acara sebelumnya sempat dijadwalkan pada 19 Maret 2022 di Cornerstone Paskal Bandung dan pengumuman pembatalan dilakukan h-1 acara. Pembatalan konser musik yang akhirnya viral di media sosial itu mendapat berbagai komentar dari netizen. Banyak video hingga komentar bernada iba terhadap penonton yang kecewa kini sedang ramai di media sosial Twitter dan TikTok. "Jujur penonton di sana kalem banget, kalau pensi anak SMA, abis," tulis @honeeystaar. "Panitianya mungkin baru pertama kali buat konser kali sampai enggak tahu risiko kedepannya kayak apa," tulis @tinkyy_wiinky.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Pembubaran Konser Tulus di Bandung, Promotor Janjikan Pengembalian Dana", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/04/01/090630566/soal-pembubaran-konser-tulus-di-bandung-promotor-janjikan-pengembalian-dana?page=2.
Penulis : Fitri Nursaniyah
Editor : Fitri Nursaniyah

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

SumberHai
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm