Ilustrasi Terminal Bus
Ilustrasi Terminal Bus ( kompas.com)

Mudik Lebaran 2022, Harga Tiket Bus AKAP Ekonomi Diperkirakan Naik 10-15 Persen

2 April 2022 17:31 WIB

SonoraBangka.ID - Organisasi Angkutan Darat (Organda) memprediksi ada kenaikan harga tiket bus antar kota antar provinsi (AKAP) selama mudik lebaran 2022.

Ketua Umum DPP Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan memprediksi akan ada kenaikan tiket bus AKAP ekonomi reguler sekitar 10-15 persen.

"Tuslah belum diputuskan untuk kenaikan tarif bus ekonomi tapi pasti ada kenaikan antara 10-15 persen," ujarnya beberapa waktu lalu.

Menurutn Shafruhan, kenaikan harga tiket bus ini selain karena adanya kenaikkan permintaan, juga disebabkan oleh pelayanan ekstra yang harus dipersiapkan operator selama periode mudik lebaran 2022.

"Pelayanan kita di momen lebaran itu serba ekstra karena kondisi abnormal (pandemi Covid-19) kan itu," jelasnya.

Kenaikkan harga tiket bus ekonomi ini masih akan dibicarakan dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, baru kemudian bisa diterapkan.

Diperkirakan dua minggu sebelum lebaran tahun ini, pemerintah sudah memberikan keputusan berapa besaran kenaikan harga tiket bus yang diperbolehkan.

"(Keputusannya) biasanya dua minggu sebelum lebaran atau seminggu setelah puasa sih," kata dia.

Kenaikan harga tiket bus ekonomi memang harus atas persetujuan pemerintah, meskipun biasanya diperbolehkan hanya selama periode mudik lebaran.

Sementara, untuk kenaikan harga tiket bus kelas bisnis atau eksekutif tergantung dari kebijakan masing-masing operator bus.

"Ada kenaikan tarif bus yang ekonomi, hanya belum diputuskan karena masih menunggu hasil keputusan rapat Organda dengan Kemenhub Ditjen Perhubungan Darat," ucapnya.

Permintaan tiket bus AKAP memang selalu mengalami lonjakan setiap mudik lebaran. Dia memperkirakan puncak pembelian tiket bus akan terjadi H-7 sebelum lebaran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mudik Lebaran 2022, Harga Tiket Bus AKAP Ekonomi Diperkirakan Naik 10-15 Persen", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/04/02/152442226/mudik-lebaran-2022-harga-tiket-bus-akap-ekonomi-diperkirakan-naik-10-15-persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm