( )

Ahmad Dani Pilih Cabut Dari WAMI Karena Ketidakjelasan Royalti

3 April 2022 12:23 WIB

SonoraBangka.Id - Pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani secara tegas menyatakan keluar dari Lembaga Manajemen Kolektif Wahana Musik Indonesia (WAMI).

 
Untuk urusan distribusi dan royalti lagu karyanya ia mengaku akan mengurus semuanya sendiri tanpa bantuan lembaga tersebut.
 
"Jadi saya mau menyampaikan kepada teman-teman mulai hari ini juga saya akan mengirim surat kepada WAMI bahwa saya akan mundur dari WAMI sehingga semua lagu karya saya benar-benar ada di tangan saya semua," papar Dhani pada konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2022).
 
Ayah dari Al, El, Dul ini mengungkapkan alasan mundur dari WAMI yaitu tidak adanya kejelasan dan transparansi mengenai royalti lagu-lagu ciptaannya.
 
Ia mengaku masih mendapatkan uang dari hasil royalti tetapi tak pernah tahu rincian dari uang tersebut.
 
"Misalnya saya ditransfer Rp 200 juta, saya nggak tahu dari mana aja itu. Saya nggak tahu dan nggak bisa ditanyain juga," Papar Dhani.
 
"Bisa aja 1 milyar." celetuk El menimpali perkataan ayahnya.
 
Namun terdapat alasan lain yang membuat Dhani mundur yaitu sakit hati karena sebuah stasiun televisi swasta mengundang Andra, Ari Lasso, dan Once minus Dhani untuk membawakan lagu Dewa 19 yang sebagian besar ciptaan Dhani.
 
Namun stasiun televisi swasta itu nggak bersalah karena sudah mengurus semua perizinan ke WAMI.
 
"Dan WAMI tidak bisa berbuat apa-apa maka dari itu saya umumkan sekarang kalau ada TV swasta atau EO mengadakan acara tanpa persetujuan tertulis dari saya, saya akan tuntut, saya akan charge," tegas Dhani.
 
Sekeluarnya dari WAMI, jika masih terdapat pihak yang menggunakan lagu-lagu ciptaannya tanpa persetujuan, Ahmad Dhani nggak main-main akan bertindak tegas menempuh jalur hukum untuk menyelesaikannya.

SumberHai
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm