Uji fitur cepat kirim pesan WhatsApp ke kontak yang belum disimpan
Uji fitur cepat kirim pesan WhatsApp ke kontak yang belum disimpan ( KOMPAS.com)

Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Bakal Lebih Mudah

5 April 2022 07:55 WIB

SonoraBangka.ID - WhatsApp tengah menguji fitur baru yang mempermudah pengguna yang ingin berkirim pesan ke kontak yang belum tersimpan pada ponselnya.

Saat ini, apabila pengguna menerima dan mengklik nomor kontak pada pesan WhatsApp, aplikasi akan megharuskan pengguna menyimpan nomor tersebut lebih dulu.

Nahm fitur yang diuji WhatsApp kali ini akan memangkas proses tersebut. Menurut WABetaInfo Selasa (5/4/2022), ketika pengguna mengklik nomor kontak yang dikirimkan dari WhatsApp, mereka akan mendapatkan pop up yang menampilkan beberapa opsi.

Opsi tersebut mulai dari menambahkan nomor terkait ke daftar kontak, menelepon, atau mengirimkan pesan. Opsi ini dapat dilakukan pengguna secara langsung dari aplikasi WhatsApp.

Dengan kata lain, pengguna dapat melakukan panggilan telepon maupun mengirimkan pesan pada nomor kontak meskipun nomor tersebut belum disimpan ke daftar kontak.

Berdasarkan gambar tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, opsi kirim pesan hanya akan muncul jika pengguna menerima nomor kontak yang sudah terdaftar di WhatsApp.

Untuk nomor yang tidak terdaftar di WhatsApp, pengguna hanya akan mendapatkan opsi untuk melakukan panggilan atau menyimpan kontak.

Fitur ini diuji WhatsApp dalam versi Android (v2.22.8.11). Namun pembaruan ini baru dirilis dalam versi beta.

Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan WhatsApp secara global. Namun, mengingat sudah diuji dalam versi beta, ada kemungkinan fitur ini akan dirilis dalam waktu dekat.

Bisa kirim file sampai 2 GB

Belum lama ini WhatsApp juga dikabarkan sedang menguji dukungan kirim file sampai 2 GB. Selama ini, aplikasi yang bernaung di Meta itu hanya memungkinkan kirim file maksimal sampai 100 MB.

Artinya, ukuran file yang dapat dikirim melalui WhatsApp nantinya bisa lebih besar. WABetaInfo menyebutkan, fitur kirim file berukuran besar masih diuji coba pada sejumlah pengguna yang sangat terbatas di Argentina, Amerika Selatan.

Fitur ini diuji coba di aplikasi WhatsApp versi beta di iOS dan Android. Untuk pengguna Android, fitur ini tersedia pada versi 2.22.8.5 dan 2.22.8.6.

Adapun untuk pengguna WhatsApp iOS, fitur ini diuji pada WhatsApp versi 2.22.8.7. Namun hingga saat ini fitur tersebut belum juga diluncurkan WhatsApp dalam versi stabil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Bakal Lebih Mudah", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2022/04/05/03410047/kirim-pesan-whatsapp-tanpa-simpan-nomor-bakal-lebih-mudah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm