Nirvana & Alice in Chains
Nirvana & Alice in Chains ( hai.grid.id/Reinaldy)

Throwback MTV Unplugged Paling Gokil, Nirvana & Alice in Chains

5 April 2022 18:10 WIB

SonoraBangka.ID - Dekade 90an menjadi era dimana genre musik grunge menguasai jagat industri musik rock ketika berhasil memukul mundur trend musik glam metal yang menjadi wajah musik rock kala itu.

 
Terdapat 4 nama besar dari kota Seattle yang bertanggung jawab menjadikan grunge sebagai representasi musik generasi 90an antara lain Nirvana, Pearl Jam, Soundgarden, dan Alice in Chains.
 

Dan bertepatan dengan 28 tahun dan 20 tahun hari meninggalnya dua legenda grunge Kurt Cobain dan Layne Staley pada tanggal 5 April ini.

Nah, HAI bakal sedikit ngasih throwback penampilan ikonik dua wajah musik 90an ini dan bagaimana penampilan Nirvana dan Alice in Chains menjadi penampilan MTV Unplugged paling fenomenal dan memorable sepanjang sejarah.

Pertama Nirvana live at MTV Unplugged 1993. Band dengan total 3 album ini melakukan sesi Unplugged di tanggal 16 Desember 1993.

Alih-alih memainkan single hits seperti ‘Smells Like Teen Spirit’ dan ‘In Bloom’, mereka memainkan lagu-lagu mereka yang bukan hits dan lagu cover dari The Vaselines, David Bowie, Lead Belly, dan Meat Puppets.

Dan berbeda dari MTV Unplugged yang lainnya yang menampilkan set full akustik, Nirvana memakai ampli eletrik dan efek gitar selama set.

Nirvana melibatkan gitaris ritem Pat Smear, pemain cello Lori Goldston, dan member dari Meat Puppets untuk beberapa lagu.

“Kami melihat Unplugged lainnya dan nggak suka dengan konsep yang mereka bawakan karena kebanyakan memperlakukan penampilan ini seperti show rock yang besar dengan memainkan lagu-lagu hits seolah-olah main di Madison Square Garden, tapi dengan gitar akustik.” jelas Drummer Nirvana, Dave Grohl tentang konsep Unplugged yang mereka bawakan.

Lalu Nirvana merilis penampilan mereka sebagai album live ‘MTV Unplugged in New York’ pada 1 November 1994 lewat DGC Records. 

Selanjutnya penampilan MTV Unplugged dari Alice in Chains yang sampai saat ini masih melekat di telinga para fans khususnya lagu ‘Nutshell’.

Band yang identik dengan format duo vokalis Layne Staley dan Jerry Cantrell ini melakukan show MTV Unplugged pada tanggal 10 April 1996 di Brooklyn Academy of Music’s Majestic Theatre.

Menariknya, Staley sendiri yang membeli lilin dekorasi panggung untuk menjaga kesan kelam dan muram dari band.

Penampilan Alice in Chains dibuka dengan sangat memukau lewat intro akustik gitar ‘Nutshell’ dari Jerry Cantrell lalu disusul petikan bass Mike Inez yang kemudian disusul dengan gaya cueknya Layne Staley berjalan masuk ke panggung dan langsung menyanyikan bagian pertama dari lagu tersebut diiringi ketukan drum minimalis tapi manis dari Sean Kinney.

 

Banyak momen unik yang terekam pada penampilan Unplugged Alice in Chains seperti Layne Staley yang kedapatan salah lirik dan spontan mengumpat di lagu ‘Sludge Factory’ lalu gitar bas akustik Mike Inez yang bertuliskan ‘Friends Don’t Let Friends Get Friends Haircuts...’ yang merupakan olokan mereka kepada personel Metallica yang pada tahun itu memangkas pendek rambut mereka semua.

Album live Alice in Chains - ‘Unplugged’ dirilis pada Juli 1996 dan berhasil debut di posisi tiga chart Billboard 200.

Gitaris sekaligus vokalis Jerry Cantrell menyampaikan hal favoritnya tentang penampilan ini adalah ketika seusai set Layne berkata padanya, "Gue harap bisa memeluk kalian semua, tapi gue nggak akan melakukannya.”

https://hai.grid.id/read/073220692/throwback-mtv-unplugged-paling-gokil-nirvana-alice-in-chains

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm