Ilustrasi
Ilustrasi ( PIXABAY/ROYAN_HIDAYART)

Catat, Inilah Barang yang Harus Dibawa saat Camping di Gunung

8 April 2022 14:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Mendaki gunung memang jadi hobi yang ditekuni oleh sebagian orang. Mencapai puncak setelah berjam-jam bahkan berhari-hari mendaki jadi kepuasan tersendiri untuk diraih. Namun, untuk bisa mencapai puncak, dibutuhkan latihan fisik yang tak mudah dan tentunya persiapan barang bawaan yang juga tak sedikit.

Terlebih yang Anda hadapi adalah alam yang kerap tidak pasti kapan hujan, panas, petir, dan badai menerjang.

Mulai dari sepatu, tas, hingga selimut camping penting untuk dibawa saat pendakian agar selamat sampai tujuan. Anda bisa membeli peralatan mendaki ini di Blibli sebagai salah satu e-commerce terpercaya yang pastinya menjanjikan, aman, praktis, dan banyak promo diskon menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Nah, jika Anda seorang pemula, maka ada beberapa hal penting yang patut diperhatikan sebelum mendaki gunung. Berikut ini tips mendaki gunung untuk pemula yang perlu diperhatikan. Apakah Anda siap mencapai puncak?

1. Persiapan

Cari tahu apa yang harus dibawa berdasarkan berapa banyak tas atau perlengkapan yang dimiliki, moda transportasi, dan berapa lama Anda akan pergi mendaki. Apabila Anda mendaki ke sebuah perkemahan, perhatikan berat barang bawaan pastikan untuk tidak membawa beban lebih dari 25 kg ke atas gunung karena akan membuat Anda kelelahan dan kerepotan.

2. Tidur Cukup

Meskipun sedang dalam pendakian dan tidak ada hotel atau kamar tidur yang nyaman, Anda harus tetap menjaga energi dengan tidur cukup selama perjalanan. Jangan lupa tenda, sleeping bag, alas tidur (untuk bantalan ekstra), selimut camping, dan guling agar tidur lebih nyenyak. Sebab, menjadi seorang petualang bukan berarti Anda harus bangun dengan sakit di leher, bukan? Kenyamanan adalah hal utama.

Ukuran tenda tergantung pada berapa banyak orang yang memadatinya. Selain itu, ketika membeli tenda, pilih tenda yang tahan badai, hujan, angin, dan dapat melindungi Anda dari segala cuaca ekstrem saat pendakian.

Anda juga bisa memilih jenis tenda tiga musim yang ringan dibuat untuk kondisi musim hujan, kemarau, dan dingin. Tenda tersebut dirancang untuk tahan air dan serangga sehingga Anda akan tetap merasa nyaman walaupun tidur di tenda.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm