Menko PMK Prof. Muhadjir Effendy didampingi Kepala Perpusnas Syarif Bando memberikan keterangan pers di sela-sela pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan tahun 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta (29/3/2022).
Menko PMK Prof. Muhadjir Effendy didampingi Kepala Perpusnas Syarif Bando memberikan keterangan pers di sela-sela pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan tahun 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta (29/3/2022). ( (DOK. KOMPASCOM/YOHANES ENGGAR))

Menko PMK Mengharap Jangan Sampai Mudik Membawa Oleh-oleh Virus

13 April 2022 17:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah kini mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan mudik atau pulang ke kampung halaman pada Lebaran 2022 ini.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pun meminta masyarakat agar mempersiapkan bekal yang matang saat akan melakukan mudik.

Perbekalan tersebut termasuk di dalamnya kondisi kesehatan yang baik dan telah melakukan vaksinasi untuk menjaga diri dan keluarga dari Covid-19.

"Pesan saya kepada masyarakat siapkan bekal untuk berangkat, itu termasuk kondisi kendaraannya, keamanan dirinya terutama terhadap ancaman Covid-19. Jangan sampai datang ke tempat mudik membawa oleh-oleh virus. Dan kita harapkan setelah Lebaran justru Covid-19 ini akan semakin turun dan kita akan memasuki masa endemi," ucap

Ia pun mengatakan, pemerintah telah menyiapkan beragam skenario agar pelaksanaan mudik Lebaran 2022 bisa berjalan lancar. Pasalnya, mudik tahun ini adalah yang pertama kalinya setelah dua tahun lalu ditiadakan lantaran pandemi Covid-19.

"Dua tahun ini pemerintah tak menyiapkan kebijakan mudik. Tahun ini kita tata dan siapkan mudik sebaik-baiknya, dari aparat keamanan, penyelenggara transportasi sampai kesehatan," kata Muhadjir. Lebih lanjut, Muhadjir pun menyampaikan arus mudik lebaran tahun ini diperkirakan akan sangat besar.

Sekitar 80 juta orang pemudik diprediksi bakal pulang ke kampung halamannya. Karena itu, tambah Muhadjir, sejak jauh-jauh hari penataan dan penyiapan mudik tengah dipersiapkan oleh pemerintah agar momen mudik lebaran dapat dikendalikan dengan baik.

Salah satunya dengan optimalisasi program vaksinasi Covid-19 secara lengkap, termasuk vaksinasi booster, yang dilaksanakan selama Ramadhan ini.

Dengan vaksin lengkap, diharapkan bisa melindungi kesehatan para pemudik, dan juga keluarga sanak saudara di kampung halaman agar tidak terjadi penularan virus.

"Vaksinasi ini memang diutamakan di wilayah-wilayah tempat penberangkatan mudik seperti Jabodetabek, Jabar, Jateng dan kota-kota besar di Jatim dan kota luar Jawa termasuk Medan, Makassar, dan sekitarnya,"ugkap  Muhadjir.

"Akan tetapi tempat yang menjadi tujuan mudik juga kita siapkan. Karena itu vaksinasi ini tetap kita gencarkan di semua sektor semua bagian dan kita gunakan momentum Ramadhan ini kita adakan vaksinasi Ramadhan," tambahnya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menko PMK: Jangan Sampai Mudik Membawa Oleh-oleh Virus", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2022/04/13/17064181/menko-pmk-jangan-sampai-mudik-membawa-oleh-oleh-virus?page=2.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm