Ilustrasi wajah
Ilustrasi wajah ( shutterstock )

Dokter Sarankan 3 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Selama Puasa, Mau Tahu?

15 April 2022 08:23 WIB

SonoraBangka.id - Tahukah Anda bahwa puasa sangat mempengaruhi kondisi kulit kita, lo.

Selama 12 jam berpuasa sembari beraktivitas, tubuh akan mengalami dehidrasi ringan dan nutrisi energi dalam darah berkurang.

Secara alami pun tubuh akan memprioritaskan cairan dan nutrisi untuk organ-organ penting seperti otak, jantung, dan saraf, sehingga pasokan cairan dan nutrisi bagi kulit berkurang.

Dokter kulit dr. Balquist Farida, Sp.KK mengungkapkan bahwa kulit menjadi lebih kering dan berisiko keriput, kusam, dan pucat selama berpuasa.

Selain itu, kondisi kulit yang mengalami dehidrasi, di mana kadar air di bawah 10 persen menyebabkan enzim kulit yang meluruhkan sel kulit mati tidak bekerja, sehingga siklus kulit lebih lambat dan membuat sel kulit menumpuk.

Berkurangnya jam tidur juga dapat membuat siklus hormonal harian terganggu dan sel kulit kurang beristirahat sehingga berpotensi menimbulkan jerawat.

Untuk menghindari risiko permasalahan kulit di bulan Ramadan, maka dr. Balquist membagikan 3 tips penting merawat kulit saat berpuasa:

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh sebanyak 2 liter per hari

Dianjurkan minum sebanyak 2 liter air per hari atau setara 8-10 gelas air. Adapun jadwal untuk minum air ini dilakukan pada saat sahur dan berbuka puasa di malam hari.

2. Pastikan kebutuhan nutrisi tubuh lengkap dan seimbang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm