Pengacara Hotman Paris di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2019).
Pengacara Hotman Paris di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2019). ( KOMPAS.com/IRA GITA)

Hotman Paris Angkat Bicara soal Pengunduran Diri dari Peradi

15 April 2022 16:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Pengacara kondang Hotman Paris akhirnya angkat bicara mengenai pernyataan Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Otto Hasibuan.

Sebagai informasi, Otto Hasibuan menegaskan jika ia sudah menerima surat pengunduran diri Hotman Paris dari Peradi. Namun, Peradi dikatakan belum mengabulkan permohonan tersebut.

"Pengumuman dari Hotman Paris. Sehubungan dengan pemberitaan di media bahwa Hotman sudah keluar sebagai anggota dari Peradi Otto (Hasibuan), jawaban saya adalah benar," ujar Hotman Paris, dikutip Kompas.com dari akun Instagram @hotmanparisofficial, Jumat (15/4/2022).

Walaupun  surat pengunduran diri belum dikabulkan oleh Peradi, Hotman Paris mengklaim bahwa ia telah  bergabung dengan organisasi advokat lain.

"Saya sudah bergabung dengan organisasi advokat lain yang sudah lama disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM, dan saya sudah punya kartu advokat yang baru. Jadi, Hotman sudah punya kartu advokat yang baru," kata Hotman Paris menegaskan.

Ia menyebutkan setiap organisasi yang sudah disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM berhak mengeluarkan kartu advokat. "Saya bergabung dengan organisasi advokat yang sudah melatih banyak advokat," kata Hotman Paris.

Walau demikian, Hotman Paris menolak untuk menjelaskan alasannya mengundurkan diri dari Peradi. "Mengenai alasannya kenapa saya keluar, itu tidak perlu saya uraikan, ada waktunya, karena saya pribadi yang kondusif," ujar Hotman Paris.

Terpisah, Otto Hasibuan menuturkan Peradi tidak akan langsung mengabulkan pengunduran diri Hotman Paris. Sebab, kata Otto, bakal ada kejanggalan apabila Peradi mengabulkan permohonan pengunduran diri tersebut.

"Kalau kami kabulkan, kan melanggar Pasal 30 Undang Undang Advokat," tambah Otto Hasibuan di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Kamis (14/4/2022).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hotman Paris Buka Suara soal Pengunduran Diri dari Peradi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/04/15/162150066/hotman-paris-buka-suara-soal-pengunduran-diri-dari-peradi.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm