Penggunaan standar tengah lebih disarankan saat kendaraan parkir dalam waktu cukup lama. Hal ini karena standar tengah lebih seimbang dibandingkan dengan standar samping.(Ari Purnomo)
Penggunaan standar tengah lebih disarankan saat kendaraan parkir dalam waktu cukup lama. Hal ini karena standar tengah lebih seimbang dibandingkan dengan standar samping.(Ari Purnomo) ( kompas.com)

Biar Awet, Begini Cara Menggunakan dan Merawat Kondisi Standar Tengah Skutik

15 April 2022 19:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Lantaran posisinya yang berada di bagian bawah motor, standar tengah sering terlupa untuk mendapat perawatan.

Perawatan standar tengah sebetulnya gampang, selain menjaga kebersihannya, kuncinya ada di penggunaan sehari-hari yang apik.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta mengatakan, standar tengah merupakan standar yang paling ideal untuk memarkirkan motor.

Apalagi kalau motor ditinggalkan untuk waktu yang lama, pakai standar tengah lebih kokoh dibanding standar samping.

Tapi ada yang harus diperhatikan saat menggunakan standar tengah. Pertama, jangan sembarang injak standar tengah, terutama pada motor skutik.

Ada beberapa akibatnya bila kita asal-asalan menggunakan standar tengah. Mulai dari tangkai penekan di bagian samping kiri yang bisa melebar atua bengkok ke samping.

Kemudian, titik tumpu standar tengah yang belum seimbang saat digunakan, dan umumnya lebih berat ke sebelah kiri, membuat baut-bautnya oblak atau patah.

"Yang tepat itu tangkai ditekan ke bawah, tapi tidak diinjak dan jangan langsung ditarik ke belakang," ujar Rendra, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Begitu posisi dua batang standar tengah sudah tepat di dasar, baru motor diangkat atau ditarik,” kata dia.

Selain itu, karena posisinya berada di bawah, standar tengah berpotensi terkena karat. Terutama pada bagian shaft dengan pipa standar tengah.

Untuk merawatnya, shaft standar tengah cukup dilumasi dengan cairan penetran atau chain lube, agar proses naik/turun standar lebih lancar.

“Lakukan secara berkala setiap satu bulan atau sehabis dicuci ataupun sehabis melewati jalanan yang terkena air hujan dan banjir," kata Rendra.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biar Awet, Begini Cara Pakai dan Merawat Kondisi Standar Tengah Skutik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/15/142100515/biar-awet-begini-cara-pakai-dan-merawat-kondisi-standar-tengah-skutik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm