Ilustrasi penumpang yang akan menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Kalian menuju Pelabuhan Tanjung Api-api.
Ilustrasi penumpang yang akan menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Kalian menuju Pelabuhan Tanjung Api-api. ( Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevi )

Penumpang di Pelabuhan Tanjung Kalian Diprediksi Meningkat Pada H-4 Lebaran, ASDP Siapkan Ini

16 April 2022 14:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Setelah diperbolehkannya mudik lebaran oleh pemerintah,  penumpang di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, diprediksi mengalami kenaikan pada H-4 lebaran.

GM PT. ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christopher Samosir, menyebutkan kenaikan jumlah penumpang akan meningkat secara drastis terlebih jika dibandingkan dua tahun terakhir.

Selain itu, faktor pemerintah pusat yang sudah menetapkan cuti bersama Lebaran, yakni 29 April dan 4-6 Mei 2022, juga bakal mendorong meningkatkan jumlah penumpang, baik dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok menuju Pelabuhan Tanjung Api-Api ataupun sebaliknya.

"Kita justru melihatnya nanti ada risiko di mana pada saat menjelang lebaran itu, akan terjadi kepadatan, terutama dari segmen penumpang. Khususnya kita memprediksi di H-4 sebelum lebaran, akan ada lonjakan tinggi begitu juga dengan kendaraan pribadi," ucap  Christopher Samosir, Jum'at (15/04/2022).

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya pun telah mempersiapkan dengan menambah trip hingga 14 trip atau dua kali lipat dari hari biasanya.

Selain itu, kapal cepat tetap akan beroperasi sesuai jadwal, yakni tiga kali seminggu diantaranya Senin, Rabu dan Jumat.

"Untuk skema skenario sangat padat, kita melakukan bongkar muat berangkat itu, praktiknya bisa sampai 14 trip dalam sehari. Kalau normal tujuh, jadi dua kali lipat dan itu pernah dilakukan pada kegiatan lebaran di tahun 2019, sampai 14 trip sehari," katanya.

Selain jumlah trip yang ditambah, pihaknya juga bakal mengantisipasi terjadinya penumpukan atau antrean panjang kendaraan.

Diketahui sebelumnya, jika pada 2019 lalu sempat terjadi antrean panjang hingga sekitar 1,2 kilometer dari pintu masuk Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

Christopher menyebutkan pihaknya akan berkerja sama dengan Pemkab Bangka Barat untuk membuka kantung parkir, yang nantinya juga bakal disediakan fasilitas seperti WC umum, musala, hingga tempat kuliner.

"Kita punya riwayat atau sejarah tahun 2019, kita mau mendapatkan kendaraan yang banyak, sehingga menyebabkan antrean panjang di jalan raya, yang mengakibatkan beberapa hal seperti kenyamanan dan ketertiban terganggu. Jadi sudah disiapakan lahan, dengan Pemkab untuk mengatasi antrean," katanya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Penumpang di Pelabuhan Tanjung Kalian Diprediksi Melonjak H-4 Lebaran, ASDP Siapkan Skema 14 Trip, https://bangka.tribunnews.com/2022/04/15/penumpang-di-pelabuhan-tanjung-kalian-diprediksi-melonjak-h-4-lebaran-asdp-siapkan-skema-14-trip.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm