MASIH SEPI - Pemudik naik bus luar kota di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Senin (29/7). Sepuluh hari menjelang Idul Fitri, arus mudik di Terminal Cicaheum masih sepi. Pemudik diprediksi akan menyerbu Terminal Cicaheum pada H-3 dan H-2 Lebaran yang jatuh pada hari Senin dan Selasa, (5-6 Agustus 2013). (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
MASIH SEPI - Pemudik naik bus luar kota di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Senin (29/7). Sepuluh hari menjelang Idul Fitri, arus mudik di Terminal Cicaheum masih sepi. Pemudik diprediksi akan menyerbu Terminal Cicaheum pada H-3 dan H-2 Lebaran yang jatuh pada hari Senin dan Selasa, (5-6 Agustus 2013). (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) ( tribunnews.com)

Ada Ribuan Kuota Mudik Gratis, Berikut Syarat dan Cara Pendaftaran

16 April 2022 19:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan program mudik gratis Lebaran 2022. Total kapasitas yang disediakan tahun ini mencapai 60.260 penumpang.

Ada penambahan anggaran mudik gratis tahun ini, disebabkan oleh meningkatnya jumlah peminat. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan, penambahan anggaran mudik gratis 2022 dilakukan atas arahan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Peminat mudik gratis Kemenhub tahun ini diklaim sangat banyak, hingga membuat laman pendaftaran yang dibuka pada Minggu (10/4/2022) lalu sempat ditutup sementara; eror akibat diakses banyak orang dalam waktu bersamaan.

"Betul, saya tambah lagi dananya. Permintaan Pak Menteri setelah (melihat) minat (mudik gratis Kemenhub) banyak," ucap Budi seperti dikutip Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Program mudik gratis ini dilaksanakan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan PT Jasa Raharja. Ada 1.270 unit bus dan 2 unit kapal laut yang disediakan. Kemudian, ada sarana untuk pengangkut sepeda motor berkapasitas 14.630 unit.

Dijelaskan, sepeda motor yang diangkut nantinya akan memakai 95 unit truk, 2 unit kapal laut dan rangkaian kereta api barang.

Bagi Anda yang ingin mendaftar, bisa mengunjungi laman resmi pendaftaran mudik gratis Kemenhub di https://mudikgratisdhubdat.dephub.go.id.

Berikut ini syarat yang harus dipenuhi untuk calon penumpang yang ingin mengikuti program mudik gratis dari Kemenhub:

. Peserta wajib mempunyai dokumen sah kependudukan (KTP, KK) Peserta wajib sudah divaksin Covid-19 lengkap (vaksin 1, vaksin 2, dan booster)

. Peserta yang sudah lengkap vaksinnya (vaksin 1, vaksin 2, dan booster) dapat mengikuti program mudik gratis dari Kemenhub tanpa perlu membawa bukti hasil tes swab antigen

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm