Press conference Otto Hasibuan di kantor Peradi, Pal Merah, Jakarta Barat, Senin (18/4/2022).
Press conference Otto Hasibuan di kantor Peradi, Pal Merah, Jakarta Barat, Senin (18/4/2022). ( (KOMPAS.com/Cynthia Lova))

Hotman Paris Mengundurkan dari Peradi, Otto Hasibuan Sebut Masih Dipertimbangkan

18 April 2022 15:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketua Umum (Ketum) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Otto Hasibuan sudah menerima surat pengunduran diri pengacara kondang Hotman Paris.

Otto Hasibuan menuturkan, Peradi masih mempertimbangkan sebelum membuat persetujuan atas pengunduran diri dari Hotman Paris.

“Jadi saya mau menjelaskan mengenai pengunduran diri (Hotman) sedang dibahas oleh Peradi. Sedang didiskusikan (di internal),”kata Otto dalam konferensi pers di kantor Peradi, Pal Merah, Jakarta Barat, Senin (18/4/2022). “Kami masih mempertimbangkan dengan benar jangan sampai salah ambil keputusan,” tambah Otto.

Otto Hasibuan lalu menyebutkan bahwa ia sebenarnya tidak masalah apabila Hotman Paris keluar dari Peradi. Namun, kata Otto, ada Undang-Undang yang mengatur bila setiap Advokat wajib menjadi anggota organisasi Advokat.

“Sebenarnya secara pribadi pengunduran diri fine-fine aja,"kata Otto Hasibuan. "Yang menjadi keseriusan adalah karena ada ketentuan pasal 22 Undang-Undang Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat nomor 2 menyatakan setiap advokat wajib berada di organisasi,” ucap  Otto lagi.

Otto Hasibuan khawatir apabila Peradi menyetujui pengunduran diri Hotman Paris maka akan bermasalah ke depannya. “Sehingga, karena itu (gabung keorganisasi adalah) kewajiban advokat maka jika kami langsung menerima kami melanggar Undang-undang,” kata Otto Hasibuan.

Sebelumnya, melalui video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Hotman Paris membenarkan perihal kabar dirinya mengundurkan diri dari Peradi. Bahkan, Hotman Paris menyebutkan, ia sudah tergabung di organisasi advokat yang lainnya saat ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hotman Paris Undur Diri dari Peradi, Otto Hasibuan: Masih Dipertimbangkan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/04/18/153344466/hotman-paris-undur-diri-dari-peradi-otto-hasibuan-masih-dipertimbangkan.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm