Ketua DPRD Bangka Belitung, Herman Suhadi saat menemui para mahasiswa yang melakukan aksi demo di depan kantor DPRD Babel.
Ketua DPRD Bangka Belitung, Herman Suhadi saat menemui para mahasiswa yang melakukan aksi demo di depan kantor DPRD Babel. ( Ist)

Ketua DPRD Bangka Belitung Temui Para Mahasiswa Yang Gelar Aksi Damai

19 April 2022 11:57 WIB
SONORABANGKA.ID - Berpakaian serba hitam, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam gerakan bersama rakyat (Gebrak) melakukan aksi di Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (17/04/2022) siang.
 
Dengan sikap tenang, Ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi menyambut baik kedatangan para mahasiswa yang melakukan aksi demo tersebut.
 
Ditengah suasana riuh, sedikit memanas dan gaduh, namun, tak membuat ciut semangat Herman Suhadi untuk mendengarkan dan mencairkan suasana aksi tersebut.
 
"Anggaplah saya sebagai orang tua, umur saya 54 tahun, baik, tolong hargai saya. Ketika tadi kawan-kawan bicara saya diam," kata Herman Suhadi ketika hendak menjawab aspirasi dan tuntutan aksi para mahasiswa.
 
Ada beberapa aspirasi yang disampaikan dalam aksi tersebut, antara lain, terkait kelangkaan dan naiknya harga minyak goreng, kenaikan harga BBM, kenaikan pajak penambahan nilai (PPN) 11 persen, ibu kota negara (IKN) dan wacana tiga periode.
 
Tidak hanya itu, puluhan mahasiswa ini juga mendesak agar DPRD Babel untuk dapat menghadirkan DPR RI dan DPD RI yang berasal dari Daerah pemilihan (Dapil) Bangka belitung, supaya dapat mendengar dan beraudensi bersama mahasiswa aksi.
 
"Mengenai kami harus menghadirkan DPR RI dan DPD-RI, itu tidak bisa, karena itu bukan kewenangan kami," kata Herman Suhadi.
 
"Kami DPRD Bangka Belitung kalau disuruh menghadirkan Gubernur, Qakil Gubernur insyaallah kami bisa, menghadirkan kepala dinas insya Allah kami bisa. Tetapi ketika menghadirkan DPR dan DPD-RI itu tidak bisa, karena mereka berkantor di jakarta, dan tidak ada regulasi yang mengatur itu," imbuhnya.
 
Sebelumnya, para Mahasiswa telah melakukan orasi di depan halaman gedung DPRD sejak pukul 13.00 wib dan tepat pukul 15.00 wib, mahasiswa meminta untuk masuk kedalam ruang paripurna.
 
Melihat kondisi tersebut, Herman Suhadi akhirnya mengizinkan para mahasiswa untuk masuk ke dalam ruang paripurna untuk menyampaikan aspirasinya.
 
Didalam ruang paripurna, berbagai spanduk berisi aspirasi mahasiswa satu persatu terpampang di dinding ruang paripurna, tak hanya itu, Ketua BEM dari berbagai kampus berkesempatan melakukan orasi di ruang paripurna DPRD Babel.
 
Sebelumnya, sekitar pukul 09.00 wib aksi serupa juga dilakukan puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus Bangka Belitung, yang disambut baik oleh wakil ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Amri Cahyadi.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm