Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO(KRISTIANTO PURNOMO)
Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO(KRISTIANTO PURNOMO) ( kompas.com)

Mudik Menggunakan Motor Matik, Ini Cara Cegah Rem Blong saat Lewat Turunan

19 April 2022 21:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah telah memperbolehkan mudik Lebaran 2022. Jutaan pemudik diperkirakan bakal memenuhi jalan untuk menuju kampung halaman.

Selain mobil, bus, dan moda transportasi lainnya, sepeda motor bakal jadi pilihan para pemudik tahun ini. Walaupun sebenarnya mudik dengan sepeda motor tidak dianjurkan.

Salah satu kendala sepeda motor saat dipakai perjalanan jauh adalah rawan rem blong, khususnya buat motor matik.

Walau demikian ada cara yang bisa dilakukan para pemudik, supaya perjalanan dengan motor matik tetap aman dan nyaman, serta selamat sampai tujuan.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta mengatakan, pemilik harus mengikuti anjuran buku servis untuk melakukan perawatan motor secara rutin.

Menurutnya, selama melakukan servis rutin dan melakukan penggantian komponen sesuai dengan masa berlakunya, motor aman dipakai mudik.

“Kalau untuk rem blong, itu disebabkan karena panas, panas yang ditimbulkan karena gesekan antara piringan dan kampas rem,” ujar Rendra, kepada Kompas.com (19/4/2022).

“Saran saya ketika melewati jalan yang cukup curam turunannya, kecepatan diatur jangan sampai terlalu tinggi. Setiap turunan kemiringannya berbeda-beda, jadi sewajarnya saja. Kira-kira sampai rider tersebut bisa mengendalikan sepeda motornya,” kata dia.

Rendra juga mengatakan, ada beberapa penyebab rem blong. Untuk mengatasinya, motor harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Guna meminimalisir rem blong, pengendara harus melakukan istirahat rutin. Selain menyegarkan badan, kegiatan ini juga bisa mengurangi panas rem.

“Jadi harus pastikan rem dalam kondisi bebas, perputaran roda lancar, tidak ada tahanan dari kampas rem, dan pastikan gunakan kampas rem orisinal,” ucap Rendra.

“Itu kalau (rem) seret-seret dibiarkan, lama-lama panas, kemudian bisa ada dua kemungkinan, mengunci atau blong. Ini yang bahaya, Karena motor matik kan hanya mengandalkan rem untuk menghentikan lajunya,” tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mudik Pakai Motor Matik, Ini Cara Cegah Rem Blong saat Lewat Turunan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/19/175100515/mudik-pakai-motor-matik-ini-cara-cegah-rem-blong-saat-lewat-turunan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm