Algafry Dukung IBI Bangka Tengah Upgrade Kompetensi
Algafry Dukung IBI Bangka Tengah Upgrade Kompetensi ( bangkatengahkab.go.id/Prayogi)

Algafry Dukung IBI Bangka Tengah Upgrade Kompetensi, Teken MoU dengan Kemenkes Yogyakarta

20 April 2022 08:04 WIB

SonoraBangka.ID - Hal ini disampaikan Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah (Bateng) pada saat membuka Audiensi Kerja Sama serta Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bateng dengan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Yogyakarta di Ruang Rapat VIP, Kantor Bupati Bangka Tengah, Selasa (19/04/2022).

Ia juga menyambut baik agenda kelas kerja sama Poltekkes Yogyakarta dengan IBI Kabupaten Bateng maupun dengan Pemerintah Kabupaten Bateng.

“Harapannya, dengan dilakukan kerja sama ini, dapat terwujudnya Praktik Mandiri Bidan (PMB) di wilayah-wilayah Bangka Tengah yang belum mempunyai Praktik Mandiri Bidan (PMB),” ucap Algafry.

“Dengan hadirnya PMB yang diisi oleh bidan-bidan kompeten dapat memenuhi pelayanan kesehatan ibu dan anak serta perempuan pada umumnya,” lanjutnya.

Algafry juga menyebutkan dengan adanya bidan-bidan yang semakin kompeten dan dapat membuka PMB, akan menekan angka kematian bayi dan angka kematian ibu sehingga Ia berharap para bidan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

Sementara itu, Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Joko Susilo, mengapresiasi langkah dan inisiasi Bupati Bateng serta dukungan IBI Bateng dan IBI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam mewujudkan pembelajaran pendidikan untuk peningkatan kompetensi para bidan di Bateng.

Dijelaskannya lebih lanjut, sesuai dengan Undang-undang No. 4 Tahun 2019 tentang kebidanan, untuk membuka PMB diperlukan bidan yang merupakan lulusan pendidikan profesi.

“Kalau tidak ditingkatkan ke bidang profesi, tentu ini akan menjadi kendala, masyarakat tidak akan bisa lagi ke bidan yang praktek mandiri, tetapi harus di pelayanan kesehatan karena bidan yang lulusan Diploma (D-III) itu adanya dan hanya diperbolehkan berpraktik di fasilitas pelayanan kesehatan seperti di puskesmas atau rumah sakit,” jelasnya.

Dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Bateng, Kepala BKPSDMD Bateng, Perwakilan RSUD Bateng, Perwakilan Dinas Pendidikan Bateng, Wakil Direktur 1, 2, dan 3 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Ketua Prodi D3 dan Sarjana Terapan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Ketua IBI Provinsi Kepulauan Babel, Ketua IBI Bateng, serta para bidan se-Bateng.

https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/algafry-dukung-ibi-bangka-tengah-upgrade-kompetensi-teken-mou-dengan-kemenkes-yogyakarta

SumberDiskominfosta Bangka Tengah
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm