Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Kamu Didengar, Ini Definisi Cantik ala Aku dari Berbagai Perempuan

20 April 2022 21:31 WIB

SonoraBangka.id - Kira-kira apa yang terlintas di dalam benakmu ketika mendengar kata cantik?

Definisi cantik bagi setiap orang khususnya perempuan mungkin berbeda-beda, tapi sayangnya masih banyak yang mengasosiasikan cantik sebagai sesuatu yang berhubungan dengan fisik semata.

Sebut saja cantik itu ‘masih’ identik dengan tampilan fisik yaitu tinggi, kurus, punya kulit putih dan bebas dari jerawat.

Definisi cantik yang identik dengan penampilan fisik tersebut, salah satunya disebabkan karena adanya standar kecantikan.

Akibatnya seorang perempuan yang dinilai tidak memenuhi ‘standar kecantikan’ di masyarakat akan dianggap tidak cantik.

Labeling semacam ini jika terus menerus dipelihara akan berdampak kurang sehat lo dalam lingkungan bermasyarakat.

Pasalnya standar kecantikan yang masih diamini kebanyakan masyarakat tersebut tidak inklusif, artinya tidak mewakili perempuan pada umumnya, terlebih perempuan Indonesia.

Riset PARAPUAN tentang body positivity

Tidak memenuhi ‘standar kecantikan’ karena tidak tinggi, kurus, dan putih, akhirnya membuat perempuan merasa kurang percaya diri.

Bahkan, perempuan bisa memiliki citra tubuh positif yang rendah atau tingkat body positivity yang rendah terhadap dirinya sendiri.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm