Pasha (vokal), Makki (bas), Enda (gitar), Onci (gitar), dan Rowman (drum) yang tergabung dalam grup band Ungu usai tampil di panggung Sweet 17 Trans Media di Lapangan Sunburst BSD City, Tangerang Selatan, Sabtu (15/12/2018).
Pasha (vokal), Makki (bas), Enda (gitar), Onci (gitar), dan Rowman (drum) yang tergabung dalam grup band Ungu usai tampil di panggung Sweet 17 Trans Media di Lapangan Sunburst BSD City, Tangerang Selatan, Sabtu (15/12/2018). ( (KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG ))

Makki Ungkap Cara Ungu Bisa Bertahan 26 Tahun Sampai Siap Rilis Album Terbaru

21 April 2022 09:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Ungu merupakan salah satu grup musik yang sudah lama berkarier di industri musik Tanah Air. Selain banyak karya yang ditelurkan, Ungu juga tak sedikit melewati permasalahan.

Pemain bas Ungu, Makki Omar Parikesit mengisahkan bagaimana Ungu dapat bertahan dan melewati setiap masalah sejak berdiri pada 1996. Makki juga mengatakan salah satu permasalahan di internal Ungu yang menjadi buah bibir beberapa waktu belakangan ini.

Makki membenarkan jika ada percekcokan antar-pesonel ketika sang vokalis, Pasha, memutuskan terjun ke politik beberapa tahun lalu. Menurut Makki, ketika  itu Ungu dianggap sebagai rumah dan wadah bagi personel yang ingin terus berkarya di industri musik Tanah Air.

"Ada yang enggak setuju. Pada waktu itu, Ungu merupakan rumah dan prioritas kami, ada yang merasa enggak nyaman dengan kondisi itu," kata Makki saat ditemui di kawasan Kemang Timur, Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2022).

Walau demikian, Makki tidak ingin mengungkapkan nama personel yang tidak senang atas keputusan Pasha terjun ke politik. Makki hanya menegaskan jika  tidak ada kata bubar yang terucap walaupun terjadi percekcokan pada saat itu.

Meski melewati berbagai macam permasalahan, Ungu membuktikan konsistensi bermusiknya sampai sekarang. Makki menyampaikan bagaimana cara Ungu bertahan dan bisa langgeng hingga kini.

"Ngobrol. Ungu enggak pernah ada masalah besar. Paling yang biasa-biasa saja atau yang luar biasa. Kami bisa sampai sekarang, asal jangan ada yang ngomong di belakang," kata Makki.

"Jangan ada yang ngedumel, jangan marah tanpa sebab. Kalau marah, harus bisa menjelaskan alasannya, cari solusinya, jangan cari menang atau kalah. Kalau cari menang atau kalah, ya bubar ini band," lanjut Makki.

Diketahui, Ungu siap kembali berkarya dengan menghadirkan album terbaru mereka. Makki mengonfirmasi bahwa album tersebut sudah selesai direkam pada tahun lalu.

"Sebenarnya sudah siap dengan album baru, rekaman awal tahun lalu. Tapi, karena kondisi kurang memungkinkan, kami belum rilis," ujar Makki.

Oleh sebab itu, Makki menuturkan, Ungu sedang menunggu waktu yang tepat agar bisa menyebarluaskan karya terbaru tersebut. "Kalau kondisi kondusif, mau rilis dalam bentuk digital, tapi ada juga analog seperti CD dan piringan hitam untuk fans," tambah Makki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Makki Cerita Cara Ungu Bertahan 26 Tahun hingga Siap Rilis Album Baru", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/04/21/074107466/makki-cerita-cara-ungu-bertahan-26-tahun-hingga-siap-rilis-album-baru?page=2.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm