Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim.
Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim. ( Bangka pos)

Babel dapat Jatah 483 Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini, Mulai Awal Juni Mendatang

27 April 2022 15:20 WIB

SONORABANGKA.IDBangka Belitung mendapat Jatah 483 Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini, Mulai Berangkat pada awal Juni Mendatang

Dari total jumlah tersebut, Bangka Belitung (Babel) akan mendapatkan kuota sebanyak 483 jemaah haji. 

"Babel mendapat jatah 483 jemaah haji, itu setengah dari kuota biasa. Satu orang dari pembimbing KBIH dan dua petugas haji daerah, jadi nanti total 486 orang,"ujar  Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung, H Abdul Rohim, Rabu (27/4/2022). 

Menurutnya,  hingga kini terdata ada 25 ribuan jemaah haji asal Bangka Belitung yang masuk dalam antrean keberangkatan. 

"Untuk pembagian kabupaten kota, karena tidak ada kuota per kabupaten, hanya ada kuota per provinsi, jadi nanti diambik dari nomor porsi tertinggi, yang duluan daftar, maka tidak sama jumlah antar kabupaten kota," kata Abdul Rohim.

Dia menyakini nomor antrean yang nanti berangkat bakal bersifat adil, sebab yang duluan daftar yang akan diberangkatkan. 

"Iya nanti yang berangkat usianya di bawah 65 tahun pada saat batas lahirnya itu 8 Juli 1957. Persyaratan seperti biasa pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH), persiapan kesehatan ulang oleh masing-masing dinas kesehatan kabupaten kota," ungkap Abdul Rohim.

"Persiapan juga, nanti manasik akan tergantung kabupaten kota, karena mereka yang melaksanakan, nanti akan dibuat jadwal bila sudah ada pengumuman resmi dan pelunasan,"ucapnya.. 

Untuk keberangkatan jemaah haji Babel pada kloter pertama direncanakan pada tanggal 5 Juni 2022. 

"Tanggal 4 Juni 2022 jemaah haji masuk asrama haji, untuk tanggal 5 Juni 2022 berangkat yang kloter 1. Kita memakai pesawat Arab Saudia, satu kloter 450 orang, artinya yang Babel kelebihan 36 orang maka masuk kloter 2 gabung dengan Palembang,"katanya.

Dia mengimbau kepada para jemaah yang akan berangkat untuk bersyukur lantaran tahun ini sudah bisa berangkat dan tetap menjaga protokol kesehatan saat melaksanakan ibadah haji

"Persiapkan kesehatan sebaik mungkin, yang belum vaksin segeralah vaksin. Kedua review manasik dengan membaca buku pedoman yang telah diberikan. Lalu untuk jemaah haji belum berangkat, harus bersabar, karena ini ujian Allah SWT. Karena ini juga ketentuan dari Arab Saudia, semoga bisa menerima dan memahami tentang kebijakan Arab Saudia yang hanya sekian jumlah kuotanya," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Bangka Belitung dapat Jatah 483 Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini, Mulai Berangkat Awal Juni Mendatang, https://bangka.tribunnews.com/2022/04/27/bangka-belitung-dapat-jatah-483-jemaah-haji-berangkat-tahun-ini-mulai-berangkat-awal-juni-mendatang.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm