Pengecekan dan pengawasan terhadap bahan pokok yang dilakukan oleh Satgas Pangan Polda Babel bersama BPOM di pasar-pasar di Babel.
Pengecekan dan pengawasan terhadap bahan pokok yang dilakukan oleh Satgas Pangan Polda Babel bersama BPOM di pasar-pasar di Babel. ( Ist/Ditreskrimsus Polda Babel)

Satgas Pangan Polda Babel Mengecek dan Mengawasi Bahan Pokok di Pasar Jelang Lebaran

1 Mei 2022 09:10 WIB

SonoraBangka.id - Jelang Perayaan Lebaran Idulfitri 1443 hijriah, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan pengecekan ketersediaan bahan pokok hingga keperluan lebaran seperti daging.

Selain mengecek ketersediaan kebutuhan masyarakat di pasaran, Satgas Pangan Polda Babel bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bangka Belitung juga melakukan pengawasan terhadap makanan hingga kebutuhan bahan pokok yang dijual untuk lebaran.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Moh Irhamni menyatakan sejak ramadan hingga menjelang Idulfitri 1443 H./2022 M., pihaknya terus melakukan pengecekan dan pengawasan kebutuhan bahan pokok masyarakat di pasar-Pasar yang tersebar di Provinsi Babel.

 

Dari hasil inspeksi mendadak (sidak) atau pengawasan dan pengecekan yang dilakukan, pihaknya sempat menemukan adanya indikasi kebutuhan yang tidak layak konsumsi.

"Pengawasan kita beberapa minggu lalu itu memang ada yang kita duga melakukan penjualan kebutuhan baik daging maupun lainnya yang tidak layak konsumsi," ujar Kombes Pol Moh. Irhamni kepada bangkapos.com pada Sabtu (30/4/2022) sore.

Namun demikian setelah diperingatkan dan kembali melakukan sidak atau pengawasan di waktu berikutnya, hal-hal yang mencurigakan tidak lagi terjadi karena kondisi bahan pokok maupun daging yang dijual dalam keadaan segar dan layak sekali untuk dikonsumsi.

"Rabu lalu kami juga melakukan lagi sidak di pasar-pasar baik di ibu kota provinsi sampai pasar di daerah-daerah dari Pulau Bangka dan Pulau Belitung dan gerai-gerai lainnya dan tidak ada masalah," ujarnya.

Kendatipun aman, ia tetap mengingatkan kepada seluruh masyarakat Bangka Belitung untuk tetap berhati-hati dan memastikan kondisi daging ataupun bahan belanjaan yang dibeli untuk keperluan lebaran nanti.

"Walaupun sudah kita cek dan aman, kita tetap harus mengingatkan agar masyarakat tetap waspada dan jika menemukan daging yang dikhawatirkan tidak bagus maka silakan dilaporkan kepada kepolisian dan pihak terkait," tegasnya. 

Diungkapkan Irhamni bahwa pihaknya juga secara kontinyu atau berkelanjutan dalam melakukan pengawasan dan akan ada terus untuk keluarga sehingga Idulfitri 1443 berlangsung dengan suka cita. 

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polda Babel Cek dan Awasi Bahan Pokok di Pasar  , https://bangka.tribunnews.com/2022/04/30/jelang-lebaran-satgas-pangan-polda-babel-cek-dan-awasi-bahan-pokok-di-pasar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm