Ilustrasi PLTU.
Ilustrasi PLTU. ( KOMPAS.com)

Sistemnya Terintegrasi dengan ESDM, PLN Pastikan Pasokan Batu Bara Tidak Langka Lagi

2 Mei 2022 17:21 WIB

SonoraBangka.ID - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memastikan pasokan batu bara untuk seluruh pembangkit listrik milik PLN dalam kondisi aman atau tidak ada kelangkaan.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, hal ini dikarenakan PLN sudah memiliki sistem digital yang tersambung dengan sistem milik Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam memonitor pasokan batu bara.

"Kementerian ESDM dan PLN membangun sistem enforcement digital baik itu langsung end to end dari lapangan sampai kemudian apabila ada pelanggaran seperti loading batu baranya tidak berjalan dengan baik," ujar Darmawan dalam konferensi pers di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Minggu (1/5/2022).

Setiap harinya pukul 21.00, PLN dan Kementerian ESDM akan mereview pemuatan (loading) batu bara di mana saja yang terjadi kegagalan sehingga dapat langsung dilakukan langkah-langkah koreksi.

"Maka pasokan batu bara untuk pembangkit PLN maupun pembangkit milik independent power producer sampai saat ini alhamduillah berjalan secara ajeg, pasokannya reliable," ucapnya.

Dengan adanya sistem digital tersebut, pasokan batu bara untuk pembangkit listrik PLN berjalan dengan aman hingga 15 hari ke depan.

Selain itu, dia juga mengakui saat ini harga batu bara internasional telah mencapai sekitar 300 dollar AS per metrik ton.

Namun dengan adanya kebijakan domestic market obligation (DMO) yang dicanangkan pemerintah, PLN dapat membeli batu bara dengan harga 70 dollar AS per metrik ton. Hal ini tentu akan meringankan biaya operasional PLN.

"Untuk itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah sudah membangun suatu peraturan yang sangat clear yaitu DMO yang mengatur 2 hal yaitu volume dan harga yang dienforce secara disiplin," ucapnya.

Direktur Energi Primer PLN Hartanto Wibowo menambahkan, pasokan rata-rata batu bara di semua unit wilayah PLN aman, di mana rata-rata hari operasi (HOP) di atas 13 hari.

Menurutnya, kebijakan DMO batu bara dan sistem digital yang terintegrasi antara PLN dan Kementerian ESDM turut mendukung hal tersebut.

"Ini menjadi salah satu tools yang power full unutk memastikan dari keamanan pelaksanaan batu bara," kata Hartanto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sistemnya Terintegrasi dengan ESDM, PLN Pastikan Pasokan Batu Bara Tidak Langka Lagi", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/05/01/193000326/sistemnya-terintegrasi-dengan-esdm-pln-pastikan-pasokan-batu-bara-tidak-langka?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm