Ilustrasi indikator bensin(youtube.com)
Ilustrasi indikator bensin(youtube.com) ( kompas.com)

Indikator BBM Sudah Pada Posisi E, Sisa Berapa Liter di Tangki?

2 Mei 2022 18:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ada kalanya pengemudi merasa panik saat dalam perjalanan memakai mobil. Indikator bensin sudah menyala atau dalam posisi E, tapi SPBU masih terpantau jauh.

Jangan buru-buru panik, dengan indikator bensin menyala, bukan berarti bensin sudah benar-benar habis. Indikator ini menginformasikan kepada pengemudi untuk segera melakukan pengisian bahan bakar.

Pada tiap kendaraan, umumnya mempunyai reservoir (RES) yang dapat menampung cadangan bahan bakar minyak (BBM) di dalam tangki.

Sehingga, mobil tetap dapat melaju walau indikator bensin sudah di E atau sudah menyala.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi, mengatakan, rata-rata mobil memiliki kapasitas tangki 40 liter sampai 45 liter.

"Jika pada kondisi sudah di E, mobil masih bisa bergerak kurang lebih 30 kilometer sampai 60 kilometer, karena ada cadangan sekitar 3 liter sampai 6 liter," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bambang mengatakan, jarak tempuhnya tergantung dari kondisi lalu lintas. Selain itu, beban kendaraan yang terlalu berat atau tekanan udara pada ban juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Sebaiknya hindari kondisi tangki bensin sering kosong atau kurang dari setengah. Sebab, dapat berpotensi terjadi kerusakan pada kendaraan.

“Ketika kondisi tangki bensin pada posisi E, maka dapat terjadi kondensasi pada tangki bensin yang dapat menyebabkan bensin bercampur dengan air kondensasi, hal ini lah yang bisa menyebabkan mobil mogok,” kata Bambang.

Selain itu, air juga dapat menyebabkan korosi atau karat pada tangki bensin. Sehingga, dapat menyebabkan kebocoran dan bisa berakibat terjadinya kebakaran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indikator BBM Sudah di Posisi E, Sisa Berapa Liter di Tangki?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/02/090100915/indikator-bbm-sudah-di-posisi-e-sisa-berapa-liter-di-tangki-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm