Bahaya menggantungkan pengharum kabin dari botol di spion tengah(Dok. Autowise.com)
Bahaya menggantungkan pengharum kabin dari botol di spion tengah(Dok. Autowise.com) ( kompas.com)

Jangan Salah, Menggantung Parfum Mobil Pada Spion Tengah Berbahaya

2 Mei 2022 19:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Suasana kabin yang harum bisa meningkatkan kenyamanan berkendara. Maka itu, banyak yang memakai parfum mobil.

Parfum mobil juga banyak modelnya. Ada yang cuma diletakkan di sudut-sudut kabin, ada yang digantung di kisi AC, dan ada juga yang digantung di spion tengah.

Masalahnya, relatif banyak pemilik mobil yang belum sadar bahwa terdapat konsekuensi serius dari menggantung parfum mobil di spion tengah.

Menggantung pengharum atau parfum mobil di spion tengah memberikan dampak buruk, walaupun tetap mengharumkan kabin. Sebab, posisi parfum yang ada di tengah membuat visibilitas pengemudi jadi terganggu.

Selain itu, kalau wadah yang digunakan terbaru dari kaca atau bahan yang keras, bisa saja mengenai kaca saat pengereman mendadak. Akibatnya, kaca depan menjadi retak atau bahkan pecah.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, hal tersebut logis dan bisa saja terjadi. Menurutnya, visibilitas kaca depan harus tetap diperhatikan.

"Kaca retak bisa menyebabkan terganggunya visibilitas. Kaca yang retak juga akan semakin berbahaya saat terkena cahaya langsung," ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Marcell menambahkan, cahaya bisa bias dan bisa saja menyilaukan mata pengemudi. Sehingga, menurunkan visibilitas ke jalan dan dapat membahayakan.

"Faktanya, bila visibilitas menurun, risiko kecelakaan bisa naik hingga 20 persen," kata Marcell.

Menurutnya, ada baiknya untuk menggunakan pengharum kabin yang terbuat dari kertas. Sebab, pengharum tersebut lebih awet dibanding yang ditempatkan di wadah botol.

"Namun, jangan pilih yang terlalu besar hingga bisa mengganggu visibilitas juga," ujar Marcell.

Pada dasarnya, aksesori apa pun yang menggantung di spion tengah dapat mengganggu visibilitas saat mengemudi. Pada beberapa negara, menggantungkan sesuatu di spion tengah termasuk pelanggaran lalu lintas, karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Salah, Menggantung Parfum Mobil di Spion Tengah Berbahaya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/02/120100715/jangan-salah-menggantung-parfum-mobil-di-spion-tengah-berbahaya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm