Direktur Utama Perum Bulog Komjen (Purn) Budi Waseso menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan Kompas.com di Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta, Kamis (31/5/2018). Budi Waseso menjelaskan stok beras telah mencapai 1,324 juta ton sampai sekarang dengan rinciannya, beras pengadaan dalam negeri atau serapan gabah petani sebesar 791.911 ton dan pengadaan luar negeri atau impor sebesar 532.526 ton. Jumlah tersebut dianggap cukup untuk konsumsi masyarakat saat Lebaran hingga setelahnya.
Direktur Utama Perum Bulog Komjen (Purn) Budi Waseso menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan Kompas.com di Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta, Kamis (31/5/2018). Budi Waseso menjelaskan stok beras telah mencapai 1,324 juta ton sampai sekarang dengan rinciannya, beras pengadaan dalam negeri atau serapan gabah petani sebesar 791.911 ton dan pengadaan luar negeri atau impor sebesar 532.526 ton. Jumlah tersebut dianggap cukup untuk konsumsi masyarakat saat Lebaran hingga setelahnya. ( KOMPAS.com)

Buwas: Empat Tahun Berturut-turut Indonesia Tidak Impor Beras

11 Mei 2022 08:06 WIB

SonoraBangka.ID - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan Indonesia tidak akan mengimpor beras hingga akhir 2022. Sebab kata dia, Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dalam negeri sudah dapat terpenuhi.

"Empat tahun berturut-turut Indonesia tidak impor beras. Mudah-mudahan sampai akhir tahun ini juga tidak impor," ujar Buwas saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Ia mengatakan, sampai saat ini jumlah stok beras yang tersimpan di gudang-gudang seluruh Indonesia sekitar 1 juta ton.

Dia menilai stok itu merupakan batas aman sesuai penugasan pemerintah yaitu sebanyak 1 juta ton sampai 1,5 juta ton.

“Untuk komoditas utama yang kami kuasai yaitu beras, jumlahnya sangat aman ada 1 juta ton, ditambah lagi kami sudah menyerap sebanyak 256.000 ton," kata dia.

Stok tersebut masih akan terus meningkat karena Bulog masih menyerap hasil panen petani.

Buwas mengaku pihaknya akan melakasanakan penugasan yang diberikan oleh pemerintah dengan maksimal.

“Dengan kekuatan sarana infrastruktur yang dimiliki oleh Bulog ditambah dengan pengalaman menyalurkan berbagai bantuan sosial maka Bulog siap menjalankan penugasan yang diberikan," pungkasnya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Buwas: Empat Tahun Berturut-turut Indonesia Tidak Impor Beras", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/05/11/062732526/buwas-empat-tahun-berturut-turut-indonesia-tidak-impor-beras.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm