Launching Pasar Digital Sehat, Inovatif, dan Aman pakai (SIAP) QRIS bertempat di Pasar Rumput, Pangkalbalam, Pangkalpinang, Kamis (12/5/2022).
Launching Pasar Digital Sehat, Inovatif, dan Aman pakai (SIAP) QRIS bertempat di Pasar Rumput, Pangkalbalam, Pangkalpinang, Kamis (12/5/2022). ( Sonorabangka.id/ Yudi Wahyono)

Dorong UMKM Masuk Platform Digital, Wamendag Resmikan Warung Digital di Pangkalpinang

12 Mei 2022 19:17 WIB


SONORABANGKA.IDWakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020 memaksa pelaku usaha beradaptasi dan mengembangkan diri agar dapat bertahan.

Adaptasi yang dilakukan dapat dimulai dari mengubah model bisnis hingga memanfaatkan platform digital sebagai sarana penjualan dan memperluas jaringan bisnis.

Hal ini disampaikan Wamendag Jerry dalam peresmian Warung Digital di Toko Aisyah, Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (12/5/2022).

“Tujuan pengembangan warung digital ini adalah untuk menjawab tantangan tersebut dan mengikuti perkembangan serta permintaan pasar terhadap produk digital yang semakin meningkat. Kita semua
menyadari, bahwa penting untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masuk ekosistem digital agar bisnisnya menjadi lebih efisien, rantai perdagangan menjadi lebih pendek, serta pasarnya semakin luas,” jelas Wamendag.

Wamendag menjelaskan, pengembangan warung digital ini merupakan tindak lanjut bantuan perbaikan warung Kementerian Perdagangan pada 2021.

Warung digital juga menjadi bagian dalam
upaya mendorong dan mendukung Indonesia menjadi pemain ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

“Peresmian warung digital di Toko Aisyah ini diharapkan menjadi contoh dan meningkatkan motivasi bagi pelaku usaha warung lainnya dalam pengembangan warung digital,” imbuh Wamendag.

Sejak 2020—2021, Kementerian Perdagangan telah memberikan bantuan perbaikan warung sebanyak
245 warung di seluruh Indonesia.

Untuk Provinsi Bangka Belitung sendiri telah terfasilitasi sebanyak 27 warung.

Pada 2022, Kementerian Perdagangan akan kembali memberikan bantuan perbaikan warung
sebanyak 100 warung di beberapa wilayah di Indonesia.
“Untuk mendukung pengembangan warung digital, Kementerian Perdagangan akan mendigitalisasi
245 warung yang telah diperbaiki. Sehingga, dapat mudah dijangkau masyarakat secara luas,” imbuh
Wamendag.
Dalam penyediaan fasilitasi warung digital, Kementerian Perdagangan bermitra dengan PT Tokopedia
serta Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung dalam mengakomodir sistem pembayaran melalui
QRIS. Dengan begitu, akan memudahkan masyarakat dalam pembayaran serta memudahkan pemilik
warung dalam pencatatan keuangan manajemen usaha.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm