Melakukan pengereman dengan menggunakan kaki kiri pada mobil matik dapat menimbulkan missed feeling.(Foto: Peugeot)
Melakukan pengereman dengan menggunakan kaki kiri pada mobil matik dapat menimbulkan missed feeling.(Foto: Peugeot) ( kompas.com)

Ini Alasan Injak Rem Mobil Matik Harus Menggunakan Kaki Kanan

19 Mei 2022 17:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pada mobil transmisi matik tidak ada pedal kopling selayaknya mobil transmisi manual. Cuma ada dua pedal untuk mengoprasikan mobil matik yaitu pedal gas dan rem.

Dikenal lebih gampang dioperasikan, tidak sedikit pengemudi mobil matik yang menyepelekan teknik berkendara yang tepat.

Masih banyak pengemudi mobil matik yang mempunyai kebiasaan menggunakan kaki kiri untuk mengerem.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan sebaiknya menggunakan kaki kanan untuk mengontrol laju dan berhenti mobil matik.

"Paling aman dengan satu kaki saja, yaitu kaki kanan. Ini karena pengemudi bisa merasakan feeling untuk mengontrol tekanan ke pedal gas dan pedal rem,” kata Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jusri menjelaskan, penggunaan kaki kiri untuk menginjak pedal rem bukanlah cara yang tepat karena rentan menginjak terlalu kuat.

Dikhawatirkan saat ada objek di depan, mobil berhenti mendadak karena rem diinjak dengan keras.

“Ini berbahaya karena mobil bisa ngerem mendadak, membahayakan penumpang dan pengguna jalan lain. Kecuali untuk kebutuhan balap di sirkuit, biasanya menggunakan dua kaki sekaligus,” kata Jusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Alasan Injak Rem Mobil Matik Harus Pakai Kaki Kanan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/19/132100515/ini-alasan-injak-rem-mobil-matik-harus-pakai-kaki-kanan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm