Ilustrasi cangkang telur diubah jadi kompos organik.
Ilustrasi cangkang telur diubah jadi kompos organik. ( SHUTTERSTOCK/KAREN SANDERS STUDIO)

Mau Tahu Cara Mengolah Sampah Dapur agar Bermanfaat? Yuk Kepoin Disini

22 Mei 2022 18:44 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya sampah dapur berisikan bungkus kemasan, sisa remah bumbu masakan maupun sisa kulit makanan seperti buah dan sayuran.

Ya, siapa yang tahan melihat tumpukan sampah dapur di pojokan ruangan?

Selain dianggap kotor, sampah dapur juga kerap memicu lalat maupun nyamuk, sehingga banyak orang seringkali memilih membuang sampah dapur.

Nah, kini ada cara kreatif mengolah sampah dapur jadi bermanfaat. Mulai dari masker, olahan camilan sampai pada vitamin untuk hewan peliharaan.

Tak percaya? Berikut cara mengolah sampah dapur jadi bermanfaat.

1. Bubuk kopi

Kopi bisa dipakai para perempuan untuk berbagai keperluan kecantikan. Campur bubuk kopi dengan kondisioner untuk rambut yang lebih halus dan berkilau.

Kopi juga bisa dicampur dengan minyak kelapa untuk digunakan sebagai eksfoliator saat melakukan facial.

2. Kulit semangka

Cara memanfaatkan sampah dapur juga bisa menggunakan kulit semangka. Sisa kulit semangka ternyata bisa dibuat sebagai acar dan rasanya sama enaknya dengan mentimun.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm