Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK/sumroeng chinnapan )

Tak Mau Anak Sakit? Ikuti 5 Cara Cegah Anak dari Virus Penyakit!

25 Mei 2022 20:51 WIB

SonoraBangka.id - Tidak satupun Ibu di dunia ini yang rela melihat anaknya sakit karena virus penyakit.

Oleh karena itu, di tengah masa sulit yang banyak serangan penyakit saat ini kita perlu melakukan perlindungan ekstra agar si kecil tetap sehat dan bugar.

Bukan apa-apa, nyatanya anak-anak memang sering sekali menjadi kelompok yang rentan terserang infeksi penyebab penyakit, baik infeksi jamur, bakteri, maupun virus.

Yang terbaru, setelah kasus Covid-19 menurun, kini muncul penyakit hepatitis akut yang penyebabnya masih belum diketahui, alias misterius.

Dan lagi-lagi, anak-anak menjadi sasaran dari serangan infeksi virus hepatitis ini.

Menurut dr. Nina Dwi Putri, SpA(K) dari Unit Kerja Koordinasi Infeksi Tropik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), infeksi sering terjadi pada anak-anak karena mereka sering melakukan kontak dekat dengan banyak anak lain dan benda di sekitar.

“Setiap kali anak-anak bermain bersama, ada kemungkinan penyebaran infeksi. Hal ini terutama berlaku di antara bayi dan balita yang cenderung menggunakan tangan mereka untuk menyeka hidung atau menggosok mata mereka, kemudian memegang mainan atau menyentuh anak lain,” jelasnya.

Untuk itu, kita harus ekstra melindungi dan paham akan tindak pencegahan infeksi pada anak, sehingga anakanak tetap bisa bermain dan beraktivitas dengan aman.

Nah, berikut ini dr. Nina memberikan 5 cara cegah anak dari virus penyakit bagi orangtua temasuk mengendalikan infeksi pada anak.

1.Melakukan Imunisasi

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm