Mobil sedang mengisi bensin subsidi.(Tribunnews/ Nurudin)
Mobil sedang mengisi bensin subsidi.(Tribunnews/ Nurudin) ( kompas.com)

Menggoyangkan Mobil Saat Isi Bensin Ternyata Berpeluang Bahaya

27 Mei 2022 22:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menggoyang-goyangkan mobil saat ini bensin merupakan trik kuno yang masih sering dilakukan oleh sebagian orang. Dengan menggoyangkan mobil, diharapkan setiap celah yang kosong dalam tangki akan terisi oleh bahan bakar minyak (BBM).

Seperti contoh yang dilakukan oleh sopir taksi dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @andreli_48. Dalam rekaman tersebut, tampak seorang petugas SPBU sedang mengisi BBM ke mobil taksi tersebut.

Sopir tampak berdiri di samping taksi yang sedang diisi bahan bakar sambil menggoyang-goyangkan mobil.

Padahal, trik seperti itu sangat keliru karena tidak sesuai dengan hukum fisika. Pasalnya, BBM merupakan benda cair yang secara otomatis akan mengisi setiap celah kosong dalam wadahnya, yang dalam hal ini tangki BBM.

Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka Paimin menjelaskan, menggoyang-goyangkan mobil saat pengisian BBM justru meningkatkan kemungkinan terjadinya gesekan antara nozel dengan lubang BBM.

“Ujung nozel terbuat dari besi atau baja, dikhawatirkan kalau digoyang-goyangkan justru akan terjadi gesekan. Sebab, pada lubang tutup tangki di ujungnya kan juga berbahan pelat,” ujar Paimin saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Paimin melanjutkan, gesekan sekecil apa pun bisa memicu listrik statis. Bila terjadi listrik statis maka dapat memicu timbulnya api, yang merupakan hal paling dihindari selama berada di SPBU.

“Ditakutkan terjadi listrik statis tadi. Karena itu, dalam mengisi bensin biasanya kita angkat sendiri nozelnya, jadi tidak menyentuh langsung atau istilahnya tidak ada bonding pada nozel dengan lubang tangki, sehingga lebih aman dan tidak berisiko,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menggoyangkan Mobil Saat Isi Bensin Ternyata Ada Potensi Bahaya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/27/092200215/menggoyangkan-mobil-saat-isi-bensin-ternyata-ada-potensi-bahaya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm