( Diskominfo Babel)

Babel Tunggu Komitmen Pusat Persiapkan Presidensi G20 Belitong

28 Mei 2022 07:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Belitung, Naziarto menuturkan, baik Pemprov, Forkopimda Babel, serta Pemkab Belitung dan Belitung Timur terus berbenah untuk mempersiapkan secara matang perihal pelaksanaan Presidensi G20 di Pulau Belitung pada Bulan September 2022 mendatang.

Namun, Forum konferensi internasional tingkat Menteri Pembangunan itu tentunya tak bisa hanya dibebankan pada Babel selaku tuan rumah, dan butuh dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Pusat, salah satunya Kementerian PPN/Bappenas RI selaku vocal point Development Working Group (DWG) dalam Presidensi G20.

"Semangat kita tinggi untuk menyukseskan G20 Belitung, kita dari daerah sudah siap. Tinggal Bappenas dan pihak EO bagaimana petunjuknya," ungkap Sekda seusai Rapat Pembahasan Pelaksanaan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 Presidensi Indonesia di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Babel, Selasa (24/05/2022).

Seyogyanya pada rapat kali ini, pihak Event Organizer diundang untuk memaparkan rundown acara, teknis pertemuan, termasuk kunjungan wisata di Belitung, namun berhalangan hadir, sehingga akan dilakukan rapat lanjutan untuk membahas hal itu.

Lebih lanjut, Naziarto mengatakan, jajaran pemerintah daerah telah melakukan berbagai persiapan, baik substansi maupun logistik untuk menyongsong Presidensi G20 2022. Seperti teknis standar layanan acara dan kebutuhan pertemuan, yang didalamnya terdapat berbagai komponen, mulai dari bandara, transportasi, kesehatan, ruang pertemuan, penginapan, keamanan, konektivitas, dan wisata delegasi.

Termasuk pembenahan infrastruktur, seperti jalan raya dan penerangan jalan hingga keterlibatan UMKM. Namun, hingga saat ini Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian PPN/Bappenas RI belum memberikan arahan lebih lanjut, termasuk gelontoran anggaran untuk kegiatan tersebut.

"Dengan semangat bersama kita bisa, kami dari daerah siap mendukung perhelatan internasional ini. Tentunya pemerintah pusat harus membantu kita terutama kucuran dana untuk disegerakan," tegasnya.

Selain Sekda, dalam rapat kali ini, nampak hadir unsur Forkopimda Babel, Bupati Belitung Sahani Saleh, Bupati Belitung Timur Burhanudin, pihak BUMN dan stakeholder terkait lainnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm