Jenazah Rusmin saat hendak dibawa menggunakan ambulans di Pantai Rambak, Sungailut, menuju Pangkalpinang pada Sabtu (28//5/2022).
Jenazah Rusmin saat hendak dibawa menggunakan ambulans di Pantai Rambak, Sungailut, menuju Pangkalpinang pada Sabtu (28//5/2022). ( . (Bangkapos.com/Deddy Marjaya))

Nelayan Temukan Jenazah Rusmin Mengambang di Perairan Pantai Rambak

28 Mei 2022 13:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Rusmin (60) warga Air Itam Kota Pangkalpinang yang dinyatakan hilang di laut akhirnya telah berhasil ditemukan di perairan Pantai RambakSungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (28/5/2022).

Ketika ditemukan, Rusmin sudah dalam kondisi meninggal dunia, mengambang di laut.

Jenazahnya berhasil dievakuasi Tim SAR gabungan dari Basarnas, Dit Polairud, Lanal Babel, Polairud Polres Bangka, Kompi 8 Yon 141 AYJP dan Laskar Sekaban.

"Korban ditemukan oleh nelayan, kemudian kita tim SAR gabungan meluncur kelokasi mengevakuasi korban,"ujar Darma, anggota Basarnas kepada Bangkapos.com.

Untuk diketahui Rusmin bersama tiga rekannya yakni Toto, Wahid dan Hatta memancing menggunakan kapal dikawasan perairan Karang Gading.

Mereka bertolak dari Pantai Serata Rabu (25/5/2022). Namun ketika sedang beraktifitas kapal mereka terbalik dihantam ombak dan badai. Toto, Wahid dan Hatta berhasil diselamatkan, sedangkan Rusmin saat itu hilang di laut.

Selanjutnya Tim SAR gabungan dari Basarnas, Dit Polairud, Lanal Babel, Polairud Polres Bangka, Polairud Pangkalpinang, Kompi 8 Yon 141 AYJP dan Laskar Sekaban membentuk tim bersama.

Selain melakukan pencarian dilaut Tim SAR gabungan juga mendirikan posko pencairan di Pantai Jembatan Emas. Namun selama dua hari pencairan belum juga membuahkan hasil.

Pada Sabtu (28/5/2022) pagi, Umar ABK kapal nelayan warga Sungailiat memberikan informasi mereka menemukan sosok mayat mengapung. Mendapatkan informasi tersebut Tim SAR gabungan meluncur ke lokasi.

"Jadi kita minta nelayan yang menemukan untuk menunggu dilokasi agar jenazah tidak hanyut titik lokasi sekitar 17 mil dari Pantai Rambak Sungaliat," ujar Bripka Heri Irawan Kapten Kapal KP 2009 Dit Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Selanjutnya jenazah dievakuasi menuju Pantai Rambak Sungaliat. Sejumlah kerabat korban memastikan jenazah tersebut benar Rusmin.

Keluarga menolak untuk dilakukan otopsi guna mengetahui penyebab kematian korban. Keluarga Korban memillih untuk membawa langsung jenazah ke kediaman di Pangkalpinang untuk selanjutnya disemayamkan.

"Benar itu jenazahnya karena kami mengenali baju dan penutup kepala yang ia gunakan," lanjut  Sidiq salah seorang kerabat korban.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul BREAKING NEWS: Nelayan Temukan Jenazah Mengambang di Perairan Sungailiat, https://bangka.tribunnews.com/2022/05/28/breaking-news-nelayan-temukan-jenazah-mengambang-di-perairan-sungailiat.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm