Cek kondisi aki mobil(Cakra Motor 11)
Cek kondisi aki mobil(Cakra Motor 11) ( kompas.com)

Jangan Anggap Sepele Saat Indikator Bergambar Aki pada Mobil Menyala

30 Mei 2022 19:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk pemilik mobil baru, biasanya masih kesulitan memahami arti dari ragam indikator yang ada meter cluster. Padahal fungsinya sebagai salah satu bentuk komunikasi kendaraan dengan penggunanya.

Jika ada masalah, indikator berbentuk lambang dari suatu komponen akan menyala. Hal ini kemudian menjadi sinyal bagi pengguna agar langsung memeriksanya.

Salah satu indikator yang sering terlihat pada meter cluster adalah gambar aki. Tapi, tak sedikit yang mengetahui apa maksud atau arti saat lambang tersebut menyala, terutama bagi yang baru saja memiliki mobil.

Nah, buat yang belum paham, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, bila indikator bergambar aki menyala, besar kemungkinan memberikan informasi bila ada masalah yang terjadi pada komponen tersebut.

"Kemungkinan ada permasalahan pada pengisian arus, atau bisa juga aki tak mau mengisi," kata Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Mobil-mobil baru sudah memakai sistem komputer via electronic control unit atau dikenal dengan ECU. Kalau ada masalah pada suatu komponen, maka ECU juga akan memberikan informasi dengan memberikan sinyal melalui indikator yang ada.

Terkait indikator aki yang menyala, Didi menyarankan agar pemilik kendaraan melakukan pengecekan ke bengkel resmi guna memastikan masalah apa yang terjadi.

Karena ada beberapa kemungkinan lain yang biasanya membuat indikator aki menyala, seperti alternator atau dinamo ampere, akumulator yang tak lagi bagus atau soak sehingga membuat proses pengisian daya tak maksimal, atau bahkan karena soket alternator yang kendur.

"Jadi sebaiknya periksakan kendaraan ke bengkel jika indikator bergambar aki menyala," kata Didi.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), juga sempat mengatakan hal yang senada.

Menurut Bambang, bila indikator aki menyala, ada baiknya pemilik mobil jangan menyepelekan karena bisa memberikan dampak yang buruk. Apalagi berkaitan dengan sistem kelistrikan.

"Ada banyak sebab dan kemungkinan, tapi biar pasti langsung cek di bengkel. Dikhawatirkan memang aki yang sudah soak, sehingga bila dipaksa dipakai, nantinya akan membuat repot pemilik mobil ketika sedang dalam perjalanan," ujar Bambang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Anggap Sepele Saat Indikator Aki pada Mobil Menyala", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/30/143100615/jangan-anggap-sepele-saat-indikator-aki-pada-mobil-menyala.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm