( )

Provinsi Bangka Belitung Pada Bulan Mei 2022 Mengalami Inflasi Sebesar 1,35%

4 Juni 2022 07:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) nasional pada Mei 2022 mengalami inflasi sebesar 0,40% (mtm) lebih rendah dibandingkan dengan inflasi pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 0,95% (mtm).

Perkembangan tersebut dipengaruhi oleh penurunan inflasi pada semua kelompok yaitu inti, volatile food, dan administered prices. Namun demikian, Inflasi tahunan IHK Mei 2022 tercatat 3,55% (yoy), lebih tinggi dari inflasi bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 3,47% (yoy).

Bangka Belitung pada Mei 2022 mengalami inflasi sebesar 1,35% (mtm) lebih rendah dibandingkan inflasi pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 2,09% (mtm).

Meski demikian secara tahunan, inflasi IHK Bangka Belitung pada Mei 2022 tercatat sebesar 6,97% (yoy), lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 5,90% (yoy).

Inflasi Mei 2022 terutama disebabkan oleh kenaikan harga ikan selar, ikan kerisi, bawang merah, air kemasan, dan kangkung. Pasokan kedua jenis ikan menurun pada Mei 2022 disebabkan oleh faktor musiman dan cuaca yang kurang mendukung.

Sementara itu, pasokan tanaman hortikultura seperti bawang merah dan aneka cabai mengalami penurunan disebabkan oleh cuaca yang kurang baik di daerah sentra sehingga berdampak terhadap penurunan kualitas hasil pertanian.

Secara spasial, Kota Pangkalpinang mengalami inflasi sebesar 0,85% (mtm) atau 6,94% (yoy). Perkembangan inflasi Mei 2022, dipengaruhi oleh peningkatan indeks harga komoditas ikan selar, kangkung, bawang merah, daging ayam ras dan rokok filter kretek.

Sedangkan kota Tanjungpandan mengalami inflasi sebesar 2,24% (mtm) atau 7,02% (yoy), terutama karena peningkatan indeks harga komoditas ikan-ikanan (ikan kerisi, ikan selar, ikan kembung, ikan bulat), air kemasan dan angkutan udara.

Pada Juni 2022, Bangka Belitung masih berpotensi akan mengalami inflasi seiring dengan masa liburan sekolah, yang cenderung mendorong peningkatan mobilisasi dan konsumsi masyarakat.

Untuk itu pemerintah daerah dan seluruh pihak yang terkait perlu melakukan langkah-langkah pengendalian stabilitas harga. Kecukupan ketersediaan pasokan komoditas terutama volatile food di sentra-sentra produksi dalam dan luar Bangka Belitung, serta kelancaran distribusi komoditas tersebut merupakan hal yang harus diupayakan untuk menjaga pengendalian stabilisasi harga.

Dalam rangka meningkatkan efektifitas pengendalian inflasi tahun 2022 di tengah permintaan konsumsi masyarakat yang meningkat, Bank Indonesia Bangka Belitung bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Bangka Belitung terus memonitor perkembangan harga dan stok bahan pokok strategis.

Mempererat koordinasi antar lembaga dan stakeholders terkait, serta mengedepankan pemenuhan pasokan dari dalam wilayah maupun melalui kerja sama antar daerah sehingga inflasi tahun 2022 dapat terjaga.

Kerjasama antar daerah yang telah dilakukan Pemprov Kep. Bangka Belitung dengan Pemda lainnya diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan transaksi perdagangan antar pelaku usaha untuk menjaga stabilitas pasokan pangan di Bangka Belitung.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm