Penampilan Kikan Namara dan penari latar di Pagelaran Sabang Merauke - Premiere With Live Performance.
Penampilan Kikan Namara dan penari latar di Pagelaran Sabang Merauke - Premiere With Live Performance. ( Dok. Istimewa)

Lestarikan Seni Budaya Indonesia, Pagelaran Sabang-Merauke Libatkan Ratusan Seniman

4 Juni 2022 16:00 WIB

SonoraBangka.id - Sukses digelar di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 26 Maret 2022, kali ini pagelaran Sabang-Merauke sampai di Jakarta.

Benar, pentas kebudayaan satu ini siap meramaikan kembali panggung seni selama tiga hari, pada 3 sampai 5 Juni 2022 di Djakarta Theater, Jakarat Pusat.

Nantinya akan ada ratusan seniman yang turut terlibat dalam acara bertajuk Pagelaran Sabang Merauke - Premiere With Live Performance, yang diinisiasi oleh PT iForte Solusi Infotek atau lebih dikenal sebagai iForte ini.

"Sejalan dengan suasana dan semangat peringatan Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni, Pagelaran Sabang – Merauke kami harapkan turut memberikan sumbangsih dalam melestarikan serta mengenalkan kekayaan seni budaya bangsa kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” ungkap CEO Protelindo Group Aming Santoso dalam sambutannya di acara jumpa pers pada Kamis (2/6/2022).

Meski mengusung konsep yang sama dengan pementasan terdahulunya, kali ini pihaknya turut memberikan penyesuaian dan sentuhan baru dalam pertunjukkannya.

Hal ini pun nantinya akan tergambar dalam 21 lagu daerag dan satu lagu nasional yang akan dibawakannya.

Semakin spesial karena pementasan akan melibatkan lima penyanyi nasional, 46 musisi tradisional dan modern, serta 135 penari profesional.

Sebelum pertunjukkan dimulai, para penonton akan disambut prosesi Palang Pintu khas suku Betawi yang merupakan simbolisasi Jakarta sebagai tuan rumah.

“Pagelaran Sabang – Merauke adalah sebuah karya kolaboratif dari para seniman hebat Indonesia dari berbagai elemen mulai dari penyanyi, pemusik, penari, dan sebagainya.” ungkap Sutradara Pagelaran Sabang – Merauke Rusmedi Agus.  

Rusmedi menjelaskan di lini koreografi, sejumlah sosok penata tari tradisional dan modern yang terlibat antara lain Sandidhea Cahyo Narpati, Pulung Jati, Dian Bokir, dan Rizky Dafin.

Sementara itu, eks vokalis Cokelat Kikan Namara didapuk sebagai music director sekaligus lead vocal bersama para penyanyi ternama lainnya seperti Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Taufan Purbo dan Alsant Nababan.

Nuansa etnik kedaerahan juga akan terasa makin kental berkat Kidung & team di bagian penata musik tradisional serta dukungan dari Ava Victoria & Team Orchestra.

Sementara Vice President Director Marketing & Sales iForte Silvi Liswanda mengatakan, selain pementasan Pagelaran Sabang – Merauke, para pengunjung juga bisa menyelami bermacam keindahan budaya Nusantara melalui cultural fair yang berlangsung di luar area pertunjukan.

Bertambah meriah karena juga akan ada festival UKM pilihan untuk membangkitkan semangat kebanggaan terhadap produk anak bangsa.

Festival UKM ini melibatkan berbagai UKM #banggalokal binaan BCA serta UKM yang mewakili program iFortepreneur, program Digital Business Plan Competititon untuk UKM dari iForte.

Selain itu, untuk Anda yang tak bisa menonton langsung, nantinya pageralan ini akan tayang juga di YouTube resmi milik iForte mulai 6 Juni 2022 mendatang.

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/053311241/pagelaran-sabang-merauke-libatkan-ratusan-seniman-demi-lestarikan-seni-budaya-indonesia

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm