Iwan Fals
Iwan Fals ( )

Iwan Fals: Dulu Saya Sempat Belajar dan Ingin Jadi Wartawan!

5 Juni 2022 12:26 WIB

SonoraBangka.IDMusisi legendaris Indonesia yang satu ini tentu sudah dikenal luas dengan lagu-lagu kritik sosialnya.

Siapa sangka, Virgiawan Liestanto atau yang lebih dikenal dengan nama Iwan Fals, pernah tertarik untuk menjadi seorang wartawan.

Dalam wawancara bersama Makna Talks, Iwan Fals mengatakan ia pernah kuliah dan belajar menjadi wartawan.

“Dulu iya saya sempat kuliah di situ, sempat sekolah di situ. Tapi ya itu lebih banyak mengajar karate dari pada belajarnya,” jawab Iwan Fals sembari tertawa.

Menurutnya, menjadi wartawan atau pemusik memiliki kesamaan yaitu sama-sama memiliki naluri mengabarkan kebenaran. 

Keduanya memiliki tugas untuk menyampaikan isu sosial sebagai sarana informasi ataupun sarana hiburan.

Lagu-lagu seperti Oemar Bakrie, Wakil Rakyat, dan Serdadu menjadi cara Iwan Fals untuk menyampaikan isu sosial yang sedang terjadi.

Meskipun tertarik dengan isu sosial, Iwan Fals mengungkapkan bahwa nalurinya itu akhirnya ia tuangkan ke dalam karya musik.

“Saya lihat kan teman-teman di jurnalistik itu, waduh luar biasa ya. Ada naluri yang sama dengan saya. Tapi pada ujung cerita, oh iya gue pemusik,” pungkas penulis lagu 'Galang Rambu Anarki' itu.

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm