Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area gerbang masuk pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022)(KOMPAS.COM/IKA FITRIANA)
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area gerbang masuk pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022)(KOMPAS.COM/IKA FITRIANA) ( kompas.com)

Hingga Mei 2022, Sudah Terpasang 129 SPKLU PLN di Seluruh Indonesia

5 Juni 2022 18:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Demi mendorong penggunaan kendaraan listrik secara nasional, PT PLN terus berupaya untuk menambah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di seluruh Indonesia.

"Sesuai Perpres nomor 55 tahun 2019, PT PLN mendapatkan amanah untuk membangun ekosistem kendaraan listrik,” ujar Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali PT PLN Haryanto WS, dikutip dari Antara (5/6/2022).

“Kemudian PLN mengembangkan dua skema pembangunan SPKLU, yakni secara mandiri oleh PLN dan bekerja sama dengan badan usaha," kata dia.

Menurut Haryanto, SPKLU yang yang dibangun mandiri oleh PLN secara bertahap saat ini sudah terpasang 129 unit hingga Mei 2022, dan sampai bulan Desember 2022 nanti ada tambahan 40 SPKLU secara nasional.

"Jumlah SPKLU itu di luar program G20. Di program G20 kami akan memasang 70 khusus SPKLU yang ultra fast charging untuk digunakan acara G20," ucap dia.

Haryanto mengatakan, PLN bercita-cita nanti dari Aceh hingga Papua tersebar SPKLU secara merata.

Sehingga jika ada masyarakat yang bepergian dari Aceh sampai Papua, tidak akan lagi takut untuk menggunakan kendaraan listrik karena selalu ada lokasi untuk charging.

Ia menambahkan, sekarang dari Jakarta ke Bali sudah tersedia SPKLU. Bagi masyarakat yang melakukan dari Jakarta ke Bali naik kendaraan listrik tidak perlu khawatir lagi, karena sudah tersedia SPKLU di sepanjang jalan.

Selain itu, PLN juga akan mendirikan stasiun penukaran baterai khususnya untuk sepeda motor yang rencananya ada 291 lokasi yang dikelola mandiri oleh PLN.

"Hal ini untuk lebih mendorong ekosistem sepeda motor listrik karena praktis sekali," kata Haryanto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hingga Mei 2022, Ada 129 SPKLU PLN di Seluruh Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/05/094100015/hingga-mei-2022-ada-129-spklu-pln-di-seluruh-indonesia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm