Yamaha French rider Fabio Quartararo crosses the finish line in first place during the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 5, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by LLUIS GENE / AFP)(LLUIS GENE)
Yamaha French rider Fabio Quartararo crosses the finish line in first place during the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 5, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by LLUIS GENE / AFP)(LLUIS GENE) ( kompas.com)

Hasil MotoGP Catalunya 2022, Quartararo Berhasil Juara, Aleix Espargaro Memalukan

5 Juni 2022 21:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pebalap Yamaha Fabio Quartararo menjadi yang tercepat pada balapan di GP Catalunya, Minggu (5/6/2022). Kemenangan ini makin menegaskan posisi Quartararo di puncak klasemen sementara MotoGP.

Aleix Espargaro sebenarnya berkesempatan untuk meraih podium kedua. Tapi, sangat disayangkan pebalap Aprilia itu mengira dirinya sudah finish, padahal balapan masih menyisakan satu lap lagi.

Espargaro tiba-tiba melambat dan dengan gampang dilewati pebalap lainnya. Bahkan, Espargaro sempat melakukan selebrasi ke pinggir lintasan, sebelum dia menyadari kesalahannya dan melanjutkan balapan.

Aleix Espargaro pun harus puas berada di posisi kelima. Podium dua diraih Jorge Martin, dan podium ketiga diraih Johann Zarco. Pebalap Suzuki Joan Mir ada di posisi empat atau tepat di depan Espargaro.

Jalannya Balapan

Aleix Espargaro yang start dari pole position langsung melesat dan memimpin barisan masuk tikungan 1. Sayangnya, terjadi insiden pada tikungan 1.

Beberapa pebalap top justru terjatuh, seperti Takaaki Nakagami, Francesco Bagnaia, dan Alex Rins. Ketiga pebalap tersebut tersungkur dan tidak ada yang bisa melanjutkan balapan.

Sementara itu, Fabio Quartararo langsung merebut posisi terdepan dari Aleix. Pebalap Aprilia tersebut nampak kesulitan di awal-awal, karena di belakangnya sudah ada Jorge Martin yang mengincar posisinya.

Masuk lap kedua, Quartararo sudah berhasil membuka jarak hingga 0,5 detik dari Aleix. Sementara jarak Aleix dan Martin dengan Johann Zarco di posisi keempat, terpaut hingga 1 detik.

Pada lap ketiga, Aleix sudah kehilangan posisinya dari Martin tanpa perlawanan. Sementara Quartararo, terus mencatatkan rekor lap tercepat.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm