Bunda PAUD Bangka Tengah
Bunda PAUD Bangka Tengah ( Diskominfosta Bangka Tengah)

Bunda PAUD Bangka Tengah Dorong Peran PAUD HI Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional

7 Juni 2022 09:13 WIB

SONORABANGKA.ID – Bunda PAUD Bangka Tengah, Eva Algafry melakukan kunjungan pendampingan Monev (Monitoring dan Evaluasi) Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) ke POS PAUD Kenanga, Desa Kulur dan POS PAUD Anggrek, Desa Lubuk Pabrik, Senin (06/06/2022).

Kunjungan Bunda PAUD Bangka Tengah kali ini sekaligus untuk meninjau dan memberikan dukungan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

“Saya berharap pelaksanaan BIAN bisa dilaksanakan dengan baik dan meminta kepada para guru yang ada di PAUD untuk membantu kegiatan BIAN ini,” ucap Eva.

Ia juga mendorong orang tua yang memiliki anak di lembaga TPA dan POS PAUD yang belum diimunisasi, untuk ikut menyukseskan BIAN. Caranya dengan mengecek riwayat imunisasi anak dan mendaftarkan untuk imunisasi sesuai tahapannya.

Di lokasi ini Eva juga mendekati langsung anak-anak seraya bercerita pentingnya menerapkan perilaku hidup sehat seperti menggosok gigi secara teratur dan mencuci tangan sebelum makan.

“Ayo anak-anak, jangan lupa makan sayur, ikan dan makanan bergizi lainnya,” tambahnya.

Mengutip laman Kemenkes RI, pemerintah akan menggelar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dalam 2 tahap.

Yakni Tahap I pada Mei 2022 untuk wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua, dan Tahap II pada Agustus 2022 untuk Jawa dan Bali.

Hal ini dilakukan karena cakupan imunisasi anak menurun akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan gangguan rantai pasokan vaksin, adanya aturan pembatasan kegiatan, jumlah tenaga kesehatan yang terbatas, serta adanya orang tua/wali asuh yang enggan ke Faskes karena takut tertular Covid-19.

Vaksin/imunisasi yang diberikan ini telah disetujui WHO, terbukti aman secara ilmiah dan efektif mencegah penyakit antara lain campak, rubella, polio, difteri, dan tetanus.

Tanpa adanya semua vaksin ini, anak-anak bisa terkena penyakit-penyakit berbahaya yang bahkan bisa berakibat kematian. Dengan demikian diharapkan orang tua segera memeriksa Buku KIA (Kesehatan Ibu Anak) dan pastikan jadwal imunisasi anak tepat waktu.

Mulai hari ini (Senin) hingga Rabu (08/06/2022), Bunda Eva didampingi Kabid PAUDNI Dinas Pendidikan, Asmini, berkunjung ke beberapa lembaga PAUD untuk menguatkan peran Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa.

Adapun jadwal kunjungan Bunda PAUD Bangka Tengah yakni Senin (06/06/2022) ke POS PAUD Kenanga Desa Kulur dan POS PAUD Anggrek Desa Lubuk Pabrik, Selasa (07/06/2022) ke TK, TPA, PAUD Dian Permata Simpang Katis, Rabu (08/06/2022) ke PAUD AIAI Kelurahan Sungaiselan dan POS PAUD Cempedak Sungaiselan Atas.

SumberDiskominfosta Bangka Tengah
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm