Ilustrasi asem-asem bandeng dengan kuah gurih asam segar untuk makan siang.
Ilustrasi asem-asem bandeng dengan kuah gurih asam segar untuk makan siang. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Pratmi Su)

Nikmat Dan Gurih, Berikut Ini Cara Membuat Asem-Asem Bandeng

7 Juni 2022 14:41 WIB

SonoraBangka.id - Resep asem-asem bandeng ini bisa kamu ikuti untuk membuat olahan bandeng yang spesial di rumah.  Pada cara membuat asem-aem bandeng ini dijelaskan juga cara mengurangi duri bandeng saat disantap.  Kamu bisa menggoreng bandeng hingga kering kemudian dimasukkan ke dalam kuah asam gurih yang sudah dibumbui sebelumnya.  Tertarik untuk mencobanya? Simak resep asem-asem bandeng dari buku "Sedep Marem Masakan Cita Rasa Ndeso 110 Resep Hits di Instagram" (2019) oleh Dian Ayu Puspitasari terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep asem-asem bandeng 

Bahan 

1 ekor ikan bandeng, berat 300 gram 

4 siung bawang putih, iris 

2 ruas kunyit, iris 

2 buah tomat, potong

Gula, garam, dan merica secukupnya

Cara membuat asem-asem bandeng 

Bersihkan ikan bandeng, potong sesuai selera. Lumuri dengan air jeruk nipis.  Goreng ikan hingga kering, tiriskan. 

Rebus sebanyak 500 ml air atau secukupnya, masukkan ikan bandeng, bawang putih, kunyit, tomat, gula, garam, dan merica. Masak hingga semua bumbu meresap ke dalam bandeng.

Sajikan asem-asem bandeng selagi masih hangat. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Asem-asem Bandeng, Kuah Asam Gurih untuk Makan Siang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/06/06/120900475/resep-asem-asem-bandeng-kuah-asam-gurih-untuk-makan-siang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm