Pebalap Honda LCR Takaaki Nakagami (tengah) terjatuh sehingga berdampak pada jatuhnya pebalap Suzuki Alex Rins (kanan) dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) pada MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.(AFP/LLUIS GENE)
Pebalap Honda LCR Takaaki Nakagami (tengah) terjatuh sehingga berdampak pada jatuhnya pebalap Suzuki Alex Rins (kanan) dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) pada MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.(AFP/LLUIS GENE) ( kompas.com)

Insiden Di MotoGP Catalunya, Nakagami Lolos dari Hukuman FIM

7 Juni 2022 21:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Alex Rins mengecam keputusan FIM MotoGP Stewards yang tidak menghukum pebalap LCR Honda Takaaki Nakagami usai memicu insiden di GP Catalunya, Spanyol.

FIM MotoGP Stewards mengatakan tidak memberikan penalti karena menganggap bahwa insiden itu kecelakaan biasa, dan bukan karena gaya membalap yang mengancam nyawa.

"Para FIM MotoGP Stewards meninjau insiden Tikungan 1 antara pebalap Takaaki Nakagami, Alex Rins dan Francesco Bagnaia dari setiap sudut," tulis FIM MotoGP Steward dikutip dari Crash.net, Selasa (7/6/2022).

"Berdasarkan bukti yang diberikan oleh banyak sudut yang tersedia untuk Stewards, termasuk cuplikan dari helikopter, itu dinilai sebagai insiden balap tanpa tindakan lebih lanjut yang harus diambil," tulis pemberitahuan.

FIM Stewards menjelaskan bahwa klaim Nakagami mengerem dengan ceroboh sehingga akhirnya menabrak ban belakang Francesco Bagnaia tidak terbukti.

Nakagami memang jatuh dan menabrak ban belakang Francesco Bagnaia, kemudian menabrak Alex Rins hingga terpental dan membuat pergelangan tangannya cedera.

Tapi video memperlihatkan bahwa pebalap asal Jepang itu sudah mengerem dan tidak berniat menabrak pebalap di depannya.

Nakagami mengerem tepat waktu namun tidak ada ruang yang signifikan. Ban depan kemudian kehilangan grip, jatuh dan terjadi insiden dengan pebalap lain.

"Nakagami memperoleh sejumlah posisi dalam akselerasi untuk bergerak maju dari posisi gridnya. Dia dinilai telah mengerem pada waktu yang sama dengan pengendara di sekitarnya, tidak mendapatkan jarak yang signifikan pada rem untuk menunjukkan sebaliknya," tulis FIM MotoGP Steward.

"Pengendara #30 kemudian kehilangan bagian depan dan jatuh, dengan sepeda motor dan pengendara setelah itu melakukan kontak dengan Rins dan Bagnaia," urai pemberitahuan.

FIM MotoGP Stewards mengatakan, Nakagami baru dapat dikenakan penalti apabila dia masuk tikungan terlalu kencang dan tanpa ada upaya untuk belok menabrak pebalap lain.

"Ambang batas yang ditetapkan untuk insiden semacam itu untuk dikenakan penalti adalah agar pengendara terlihat jelas membawa terlalu banyak kecepatan, tanpa harapan yang masuk akal untuk melakukan tikungan," kata pemberitahuan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Insiden MotoGP Catalunya, Nakagami Lolos dari Hukuman FIM", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/07/144100115/insiden-motogp-catalunya-nakagami-lolos-dari-hukuman-fim.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm