Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka melaksanakan manasik haji tingkat Kabupaten Bangka di Masjid Agung Sungailiat, Rabu (8/6/2022) dan Kamis (9/6/2022).
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka melaksanakan manasik haji tingkat Kabupaten Bangka di Masjid Agung Sungailiat, Rabu (8/6/2022) dan Kamis (9/6/2022). ( Bangkapos.com/Edwardi )

Kantor Kemenag Bangka Gelar Manasik Haji Kabupaten, Calhaj Bakal Berangkat 29 Juni

8 Juni 2022 15:27 WIB

SONORABANGKA.IDKantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka melaksanakan manasik haji     tingkat Kabupaten Bangka di Masjid Agung Sungailiat pada Rabu (8/6/2022) dan Kamis (9/6/2022).

Kegiatan ini pun diikuti seluruh jemaah calon haji (calhaj) Kabupaten Bangka berjumlah 115 orang, ditambah 1 orang petugas haji daerah (PHD) yang direkrut pihak provinsi, sehingga total ada 116 orang.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Bangka, Suparhun, menyebutkan pelaksanaan manasik haji bagi calhaj sebanyak 6 kali. Yaitu 4 kali diadakan tingkat kecamatan dan 2 kali tingkat kabupaten.

"Untuk di KUA Kecamatan Sungailiat, gabungan dari jemaah dari Sungailiat, Belinyu, Pemali dan Riausilip sebanyak 58 orang. Sedangkan di KUA Mendo Barat terdiri dari Mendo Barat, Merawang, Bakam dan Puding Besar berjumlah 57 orang,"ujar Suparhun.

Sedangkan manasik haji tingkat Kabupaten Bangka diikuti seluruh calhaj.

"Materi yang diberikan tentang persiapan mulai berangkat rumah, embarkasi antara, Embarkasi Palembang, lalu berangkat ke Jeddah Arab Saudi, hingga proses pemulangannya," katanya.

Sementara itu, soal teknis menjaga kesehatan para calhaj selama menunaikan ibadah haji.

"Hari berikutnya soal kebijakan haji dari Pemerintah Indonesia, Pemerintah Arab Saudi, batas usia jemaah dan gambaran umum soal ibadah haji lainnya. Sedangkan untuk teknis rinci ibadah haji diajarkan di manasik haji KUA kecamatan," terang Suparhun.

Pada tahap akhir pelaksanaan manasik haji nanti, bakal  diadakan praktik di Islamic Centre Sungailiat.

"Semua narasumber yang melatih manasik haji ini adalah orang yang sudah berkompeten dan memiliki sertifikat, serta memiliki pengalaman ibadah haji yang sudah mumpuni," tambahnya.

Calhaj Kabupaten Bangka tergabung di kloter 5 yang terdiri dari calhaj Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Selatan, dengan jumlah 225 orang.

"Kloter 5 ini masuk asrama haji antara Pangkalpinang tanggal 28 Juni, lalu menginap 1 malam dan pagi hari tanggal 29 Juni berangkat dari Pangkalpinang ke Palembang. Tidak masuk asrama embarkasi, cukup menunggu di bandara untuk selanjutnya berangkat ke Jeddah Arab Saudi. Satu kloter itu terdiri dari 450 orang jemaah, jadi nanti dicampur dengan calhaj lainnya dari Palembang," ucap Suparhun.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kantor Kemenag Bangka Adakan Manasik Haji Kabupaten, Calhaj Berangkat 29 Juni dari Pangkalpinang, https://bangka.tribunnews.com/2022/06/08/kantor-kemenag-bangka-adakan-manasik-haji-kabupaten-calhaj-berangkat-29-juni-dari-pangkalpinang.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm