Stok Kinder Joy di Indomaret Kota Pangkalpinang.
Stok Kinder Joy di Indomaret Kota Pangkalpinang. ( )

Negatif Bakteri Salmonella, BPOM Izinkan Kembali Kinder Joy Dijual di Pasaran

8 Juni 2022 15:57 WIB

SONORABANGKA.IDBadan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan jika Kinder Joy negatif bakteri salmonella.

Dengan demikian BPOM pun mengizinkan produk cokelat asal Belgia ini untuk kembali beredar di minimarket lantaran aman untuk dikonsumsi.

Produk Kinder Joy dan sejenisnya dinyatakan bebas bakteri salmonella setelah dilakukan sampling secara acak.

Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Pangkalpinang Tedy Wirawan mengatakan, sudah  dilakukan sampling secara acak dengan mempertimbangkan keterwakilan di wilayah Indonesia berdasarkan kajian risiko dan pengujian terhadap produk cokelat merek Kinder JoyKinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls yang terdaftar di Indonesia.

"Hasil pengujian laboratorium Badan POM menunjukkan ketiga produk tersebut Negatif cemaran Salmonella," kata Tedy kepada Bangkapos.com, Rabu (8/6/2022).

Berdasarkan hasil sampling tersebut kata Tedy, BPOM menyatakan produk cokelat merek Kinder JoyKinder Joy for Boys dan Kinder Joy for Girls yang sebelumnya dihentikan sementara waktu peredarannya, kini dapat beredar kembali di Indonesia.

"BPOM juga mengimbau agar masyarakat menjadi konsumen cerdas dan selalu lakukan Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa (Cek KLIK) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan," ucapnya.

Sebelumnya BPOM sempat menghentikan peredaran produk Kinder Joy untuk sementara waktu.

Hal tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti temuan dugaan kasus bakteri Salmonella yang mengontaminasi produk olahan cokelat di Inggris.

"International Food Safety Authorities Network Global Alert (INFOSAN) telah menyampaikan informasi tambahan pada 10 April 2022, bahwa produk cokelat merek Kinder asal Belgia tersebar di 77 (tujuh puluh tujuh) negara, namun tidak termasuk di Indonesia. Keseluruhan produk cokelat merek Kinder yang ditarik di luar negeri tersebut tidak terdaftar di Badan POM," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Negatif Bakteri Salmonella, BPOM Izinkan Kinder Joy Kembali Dijual di Pasaran, https://bangka.tribunnews.com/2022/06/08/negatif-bakteri-salmonella-bpom-izinkan-kinder-joy-kembali-dijual-di-pasaran.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm