Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSight(Kompas.com/Donny)
Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSight(Kompas.com/Donny) ( kompas.com)

Tak Cuma Sekadar Bikin Klimis, Ini Manfaat Lain Dari Semir Ban

9 Juni 2022 18:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Penggunaan semir ban ternyata tak hanya sekadar membuat dinding karet menjadi klimis, namun juga memiliki fungsi lain yang berkaitan dengan perawatan.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT. Gajah Tunggal Tbk mengatakan, penggunaan cairan semir juga berguna melindung ban dari ozon crack, atau keretakan pada dinding ban.

  “Seperti manusia, kalau pakai semir rambut apa yang terjadi? Rambut jadi lebih hitam dan mudah diatur. Itu dari sisi lainnya, tapi semir juga bisa mencegah ozon crack,” ujar Zulpata, kepada Kompas.com belum lama ini.

Ozon crack merupakan istilah untuk menggambarkan keretakan pada ban. Kondisi ini juga terindentifikasi pada barang-barang yang terbuat dari karet, seperti selang gas, gasket, dan lainnya.

Keretakan pada ban terjadi ketika gas O3 terpapar ke dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut menyebabkan ban memutus senyawa di dalamnya dan menciptakan retakan pada bagian dinding samping.

Tapi, Zulpata menyarankan, bila ingin menggunakan semir ban sebaiknya pilih produk dengan merek yang jelas.

Dalam arti memiliki merek yang terdaftar, produsen, nama perusahaan distributor atau PT pembuatnya, dan yang tidak kalah penting mencantumkan komposisi bahan-bahan campurannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Sekadar Bikin Klimis, Ini Manfaat Lain Semir Ban ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/09/103100615/tak-sekadar-bikin-klimis-ini-manfaat-lain-semir-ban-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm