Auto2000(Auto2000)
Auto2000(Auto2000) ( kompas.com)

Jangan Salah, Ini Bedanya Dari Servis Berkala, General Servis, dan Tune Up

9 Juni 2022 19:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tak hanya orang awam, sebagian besar pemilik mobil juga ada yang sampai saat ini masih bingung dengan ragam istilah atau bahas di bengkel.

Bahkan hal yang paling dasar, layaknya servis berkala, general servis, dan tune up, juga tidak sedikit yang salah dalam mengartikannya.

Kebanyakan menganggap servis berkala dan tune up itu sama saja, termasuk juga dengan general servis. Padahal ketiganya mempunyai pengertian dan pengerjaan yang berbeda.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, selain ketiga istilah tersebut merupakan hal umum di bengkel, tapi memiliki praktik yang berbeda.

"Servis berkala atau periodical maintenance itu merupakan perawatan rutin dari mobil. Sedangkan general servis itu sifatnya perbaikan umum, misal seperti perbaikan pada sektor rem atau steering, dan lain-lain," ujar Bambang kepada Kompas.com, Selasa (7/6/2022.

Dari penjelasan singkat tersebut, sudah bisa dipastikan secara proses pengerjaan antara melakukan servis berkala dan general berbeda.

Termasuk juga soal waktu, karena perawatan rutin mobil biasanya dianjurkan tiap enam bulan atau kelipatan 10.000 kilometer (km).

Lalu bagaimana dengan tune up?

Menurut Bambang, pengerjaan atau proses tune up cuma fokus pada perawatan sektor dapur pacu alias mesin mobil saja.

Dengan demikian, tak bisa disamakan ratakan dengan servis berkala yang merupakan pengerjaan menyeluruh sesuai petunjuk pada buku servis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Salah, Ini Bedanya Servis Berkala, General Servis, dan Tune Up", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/09/113100215/jangan-salah-ini-bedanya-servis-berkala-general-servis-dan-tune-up.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm