Foto tangki bensin(Zulfana K. Rijal)
Foto tangki bensin(Zulfana K. Rijal) ( kompas.com)

Alasan Kenapa Posisi Dari Tutup Tangki BBM Mobil Berbeda-beda

9 Juni 2022 20:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pabrikan otomotif saat melakukan riset dan mendesain sebuah mobil tentu saja berbeda satu sama lain.

Kondisi ini pula yang kadang-kadang mempengaruhi letak dari tutup tangki pengisian bahan bakarnya. Sebagian ada yang sebelah kiri, ada juga yang kanan. 

Tapi yang pasti dari pabrikan tak ada aturan baku soal penempatan posisi lubang pengisian bahan bakar. Karena pada beberapa jenis mobil tahun lama, ada juga yang letaknya di sisi belakang. 

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, perbedaan letak tutup tangki bahan bakar justru menjadi salah satu ciri khas pabrikan otomotif.

"Desainer pabrikan mobil menempatkan lubang isi BBM ada sejumlah pertimbangan. Jika fokus diperhatikan rata-rata posisinya bersebarangan dengan lubang pembuangan knalpot. Salah satunya faktor keamanan," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (9/6/2022). 

Menurut Didi, poin pertimbangan utamanya soal urusan desain posisi lubang isi BBM adalah titik berat mobil.

Secara teknis, keseluruhan desain komponen bagian kolong mobil juga menyesuaikan agar laju mobil tetap seimbang.

Tak cuma itu, faktor safety juga diutamakan. Terutama, dalam hal mencegah risiko kebakaran, sehingga mendesain lubang isi BBM jauh dari saringan pembuangan.

"Ada alasan safety karena knalpot panas dan sebagainya, tapi ada juga alasan desain agar penempatannya sesuai dan cocok dengan sejumlah pertimbangan-pertimbangan tadi," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kenapa Posisi Tutup Tangki BBM Mobil Berbeda-beda", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/09/155100915/alasan-kenapa-posisi-tutup-tangki-bbm-mobil-berbeda-beda.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm