Jaringan 3G Bakal Segera Dimatikan Sampai Akhir Tahun 2022, Segera Ganti ke 4G LTE
Jaringan 3G Bakal Segera Dimatikan Sampai Akhir Tahun 2022, Segera Ganti ke 4G LTE ( )

Jaringan 3G Bakal Segera Dimatikan Sampai Akhir Tahun 2022, Segera Ganti ke 4G LTE

10 Juni 2022 13:12 WIB

SonoraBangka.ID - Rencana pemerintah untuk segera mematikan sinyal 3G di Indonesia demi meningkatkan layanan internet yang lebih baik bagi masyarakat rupanya disambut baik oleh oerator-operator seluler di Tanah Air.

Mereka berkomitmen untuk melakukan migrasi jaringan 3G ke jaringan 4G LTE atau 5G yang mulai marak digunakan pengguna internet saat ini.

Penghapusan jaringan 3G ini ditargetkan selesai pada akhir 2022 sehingga pemerintah mulai menyarankan pengguna jaringan 3G segera menggantinya.

Pasalnya di beberapa lokasi, penghapusan 3G untuk dimigrasikan ke 4G telah mulai dilakukan. Saat sinyal dimatikan, masyarakat harus segera beralih ke jaringan 4G dalam waktu dekat.

Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi mengungkapkan, alasan utama sinyal 3G harus dimatikan adalah karena jaringan 3G dinilai sudah lawas dan memiliki beberapa kekurangan dibandingkan 4G LTE.

Misalnya, kecepatan 3G yang kurang maksimal, sinyalnya tidak stabil, dan kapasitas layanan yang kurang memadai.

Dari segi kecepatan, secara teknis, jaringan 3G juga dikatakan memang lebih "lemot" ketimbang 4G LTE, dengan kecepatan rata-rata 2 Mbps dan kecepatan maksimum hingga 14 Mbps saja. 

Sementara jaringan 4G LTE secara teknis mampu menghasilkan kecepatan unduh lebih cepat, yakni antara 10 Mbps hingga 1 Gbps.

Selain kecepatan lebih ngebut, jaringan seluler generasi keempat ini turut menawarkan latensi yang lebih rendah ketimbang 3G.

Hal ini membuat proses buffering menjadi lebih sedikit, adanya peningkatan pada kualitas suara, serta kualitas streaming dan kecepatan unduh yang lebih cepat ketika mengakses internet dengan sinyal 4G.

Teknologi 4G juga dikenal sebagai jaringan seluler berbasis IP pertama di dunia, yang mampu mengakomodasi Quality of Service (QoS) serta akses broadband nirkabel pada Multimedia Messaging Service (MMS), percakapan video, TV seluler, konten HDTV, hingga Penyiaran Video Digital (DVB).

Jadi, meski masih ada jutaan orang yang masih memakai jaringan 3G, pemerintah menyarankan untuk segera mengganti agar layanan internet di Indonesia membaik.

Untuk itu, segera upgrade kartu SIM 3G ke 4G, di gerai operator seluler yang digunakan pelanggan.

Upgrade kartu SIM 3G ke 4G ini sudah dikampanyekan sejak lebih dari tiga tahun lalu. Jika sudah diganti, secara natural jaringan 4G akan melayani internet sesuai kemampuan barunya. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm