Tuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinar(Stanly/KompasOtomotif)
Tuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinar(Stanly/KompasOtomotif) ( kompas.com)

Jarang Diketahui, Ini Fungsi Tuas Kecil Pada Spion Kabin Mobil

10 Juni 2022 20:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Banyak pemilik mobil yang belum paham fungsi dari beberapa fitur yang ada pada mobilnya. Contoh seperti tuas kecil pada spion tengah atau kabin.

Kebanyakan pemilik mobil cuma mengetahui fungsi spion kabin untuk melihat kendaraan di belakang, atau mengecek kondisi penumpang. Bahkan ada pula yang menggangap tuas tersebut cuma pajangan.

Padahal, keberadaan tuas kecil tersebut memiliki fungsi yang sangat berguna dalam membantuk pengendara, yakni untuk menghalau pancaran sinar lampu berlebih ketika berkendara malam hari.

Training Director Safety Defensive Driving Consulting Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, saat di gunakan tuas kecil spion kabin ini membantu meredam silau cahaya lampu high beam kendaraan dari arah belakang.

"Sering menemukan pengguna jalan yang memainkan lampu jauh saat mengemudi malam hari. Jika di fungsikan tuas ini menampilkan visualisasi keadaan belakang lebih gelap, sehingga pantulan cahaya tidak menganggu visibilitas pengemudi," kata Sony kepada Kompas.com, Jumat (10/6/2022). 

Untuk menggunakannya cukup gampang, pengendara tinggal menaikkan dan menurunkan posisi tuasnya saja. Setelah aktif, sinar lampu jauh dari mobil atau motor di belakang dapat diredakan sehingga tak menyilaukan mata pengemudi. 

Jika dilihat, kata Sony, sebenarnya fungsi tuas ini sepele, tetapi jika spesifik memahami fungsinya secara teknis sangat membantu soal keselamatan berkendara. 

"Karena fungsinya adalah membiaskan cahaya, jadi sinar lampu yang masuk ke dalam kabin sudah tidak silau. Efeknya, cahaya yang ditangkap kelenjar retina mata jauh lebih rendah. Jadi pengendara tetap bisa melihat visibilitas sisi belakang kendaraan," tuturnya.

Keberadaan tuas ini, kebanyakan ada pada mobil kelas menengah ke bawah. Sebab, mobil-mobil segmen kelas menengah keatas sudah mengadopsi fitur auto dimming rear view mirror, yang dapat secara otomatis, menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk ke kabin mobil.

Pengaturan kaca spion yang benar, akan memastikan objek-objek di area depan, belakang, maupun sisi kanan dan kiri kendaraan dapat terlihat dari bagian kabin mobil.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum mengemudikan kendaraan wajib mengecek dan melakukan setting ulang bagian spion.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jarang Diketahui, Ini Fungsi Tuas Kecil Spion Kabin Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/10/165100115/jarang-diketahui-ini-fungsi-tuas-kecil-spion-kabin-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm