ilustrasi saus tomat di stoples.
ilustrasi saus tomat di stoples. ( pixabay/mrdidg)

Tanpa Bahan Pengawet, Berikut Cara membuat Saus Tomat Rumahan

13 Juni 2022 14:28 WIB

SonoraBangka.id - Tidak sulit untuk menemukan saus tomat di pasaran, mulai dari warung kecil hingga swalayan. Saus bercita rasa asam manis ini dapat ditemukan dengan beragam ukuran. Selain membelinya, kamu juga bisa membuat saus tomat sendiri di rumah. Terlebih bila sering menggunakan saus tomat untuk memasak atau sekadar dijadikan pelengkap saat makan. Ada empat cara membuat saus tomat rumahan mudah dan tahan lama tanpa menggunakan pengawet, yang bisa kamu ikuti berikut ini.

1. Rebus tomat

Kulit tomat tidak dibutuhkan saat membuat saus. Kamu bisa mengupas bagian terluar ini terlebih dahulu dengan merebus tomat, seperti dilansir The Spruce Eats. Masukkan tomat ke dalam air mendidih dan rebus selama satu hingga dua menit atau sampai kulitnya kendur. Setelah itu, bisa tomat dengan air dingin untuk menghentikan proses memasak dan tiriskan, lalu kupas kulitnya. 


2. Blender tomat

Selain memotongnya menjadi beberapa bagian, kamu juga bisa menghaluskan tomat sebelum membuat saus. Dikutip dari The Kitchnn, menghaluskan tomat dengan blender atau food processor dapat mempercepat proses membuat saus tomat yang kental.


3. Masak saus tomat selama dua jam

Baik dipotong atau dihaluskan, tomat bisa langsung dimasukkan ke dalam tumisan bawang bombai yang digunakan untuk membuat saus. Masak saus tomat dengan api kecil hingga mengental. Aduk sesering mungkin agar saus tidak gosong. Lama memasak saus tomat setidaknya menghabiskan waktu sekitar dua hingga tiga jam, tergantung banyaknya air dalam tomat.

4. Simpan saus di dalam stoples

Saus tomat yang sudah matang dan mengental bisa langsung dijadikan pelengkap makanan atau disimpan. Jika ingin menyimpannya, pastikan bahwa saus sudah dalam keadaan dingin, bukan masih panas agar awet disimpan. Kamu bisa menuangkan saus ke dalam stoples, lalu membekukannya di freezer. Bila perlu, campur saus tomat dengan jus lemon untuk meningkatkan keasamannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Saus Tomat Rumahan Tanpa Bahan Pengawet", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/06/13/140600675/4-cara-membuat-saus-tomat-rumahan-tanpa-bahan-pengawet?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm