Tampak pedagang telur ayam di Pasar Pembangunan Kota Pangkalpinang, Selasa (14/6/2022).
Tampak pedagang telur ayam di Pasar Pembangunan Kota Pangkalpinang, Selasa (14/6/2022). ( )

Naiknya Harga Komponen Pangan Picu Inflasi, Ini Penjelasan Pengamat Ekonomi

15 Juni 2022 15:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Kenaikan beberapa komoditas pangan akhir-akhir ini menyebabkan hampir seluruh rumah tangga mesti mampu menyiasati pola konsumsi. Hal ini lantaran tingkat pendapatan masyarakat yang tetap namun jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk konsumsi menjadi lebih besar dibanding biasanya.


Sementara fluktuasi harga komoditas cenderung bakal menurunkan daya beli masyarakat yang pada akhirnya berdampak bagi pertumbuhan ekonomi daerah. 


"Kenaikan harga komponen pangan ini akan memicu inflasi, artinya terjadi kenaikan harga secara umum pada beberapa komoditas pangan,"kata Dekan Fakultas Ekonomi, sekaligus Dosen Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB), Devi Valeriani, Selasa (14/6/2022).

Inflasi juga bakal berdampak terhadap daya beli masyarakat, sehingga bukan hal yang mustahil akan mengurangi kesejahteraan masyarakat. Seperti kenaikan harga telur dan cabai yang turut mengalami peningkatan cukup signifikan. 


Tingginya harga komoditi bahan pokok tersebut membuat masyarakat menahan diri untuk berbelanja dan melakukan substitusi dengan komoditas lain yang lebih terjangkau. 


Konsumsi rumah tangga kini memiliki share terbesar di antara total produk domestik regional bruto (PDRB). Hal ini tentu dikhawatirkan akan menghambat pertumbuhan ekonomi yang tengah masuk masa pemulihan.


Harga bahan panganyang tinggi bakal membebani masyarakat menengah bawah dan dalam jangka panjang akan menambah angka kemiskinan yang ada. 

Tak hanya itu, naiknya harga bahan pokok juga berdampak bagi pelaku UMKM kuliner yang menyebabkan biaya produksi meningkat dibanding biasanya.


"Kenaikan harga pangan tersebut sangat memukul bisnis UMKM. Biaya produksi akan meningkat seiring dengan kenaikan harga bahan baku, yang akhirnya akan memperkecil laba yang akan diperoleh. Sementara untuk menaikkan harga jual, pelaku usaha kadang takut kehilangan pelanggan sehingga tetap bertahan dengan harga jual saat ini dan berharap harga bahan pangan menurun kembali," tambah  Devi

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kenaikan Harga Komponen Pangan Picu Inflasi, Begini Penjelasan Pengamat Ekonomi , https://bangka.tribunnews.com/2022/06/14/kenaikan-harga-komponen-pangan-picu-inflasi-begini-penjelasan-pengamat-ekonomi.
P

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm