Sekjen Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Amirsyah Tambunan saat konfrensi pers Kongres Halal Internasional 2022 di Novotel Hotel Bangka and Convention Centre, Rabu (15/6/2022).
Sekjen Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Amirsyah Tambunan saat konfrensi pers Kongres Halal Internasional 2022 di Novotel Hotel Bangka and Convention Centre, Rabu (15/6/2022). ( )

Akselerasi Babel Jadi Destinasi Wisata Halal, Sekjen MUI Pusat Sebut Perlu Peran SDM

15 Juni 2022 15:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Sumber Daya manusia (SDM) memiliki peran penting pada mempercepat Bangka Belitung agar menjadi salah satu provinsi Destinasi Halal Dunia. 

Hal ini dikatakan Sekjen Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Amirsyah Tambunan saat konfrensi pers Kongres Halal Internasional 2022 di Novotel Hotel Bangka and Convention Centre, Rabu (15/6/2022). 

"Bangka Belitung menjadi salah satu provinsi untuk menjadi pusat halal dunia, itu salah satu point penting ya sumberdaya manusia harus tersedia,"ujar Amirsyah. 

Dia tak menampik sumberdaya alam di Bangka Belitung membuat provinsi ini layak menjadi destinasi halal dunia. 

"Kedua tentu sumber daya alam melimpah sebagai karunia Allah SWT ini harus kita manfaatkan, para ulama yang setiap hari melakukan gerakan, semoga gerakan ini dapat menimbulkan barokah, barokah ini dari doa para ulama dan pemangku kepentingan, semoga bisa diakselerasikan sebaik-baiknya," katanya.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Zayadi mengatakan dari Kongres Halal Internasional ada tiga hal besar yang harus dikembangkan di provinsi Bangka Belitung

"Pertama, akselerasi terkait wisata halal. Kedua, dengan produk halal. Ketiga, potensi industri halal di Bangka Belitung. Kita melihat di Babel, destinasi wisata sudah luar biasa dari berbagai potensi baik pantai maupun hutan, semua bisa dilakukan menjadi destinasi wisata halal di Indonesia," ujar Zayadi.

Sehingga MUI Bangka Belitung dalam Kongres Halal Internasional 2022 ini mencari kontribusi dan masukan terkait pengembangan wisata halal di Bangka Belitung

"Kita mulai nanti dari pengembangan potensi desa halal di berbagai kabupaten kota di Bangka Belitung. Kedua, produk halal, kita sudah mensertifikasi halal kurang lebih 2.400 produk UMKM, ini salah satu hal mendorong destinasi wisata halal," jelas Zayadi.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Ekonomi Syariah dan Halal MUI Pusat, Rofiqul Umam Ahmad menyampaikan informasi terbaru mengenai Kongres Halal Internasional 2022

"Kongres Halal diikuti 350 peserta dari dalam dan luar negeri yakni 15 negara baik yang datang langsung dan yang mengikuti secara online. Agenda penting dari Kongres Halal Internasional ini, para peserta akan membahas semacam deklarasi namanya resolusi halal dunia, naskah sudah siap akan dibahas dan disepakati dalam sidang terbatas," tambah Rofiqul.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Akselerasi Bangka Belitung Jadi Destinasi Wisata Halal, Sekjen MUI Pusat Singgung Perlu Peran SDM, https://bangka.tribunnews.com/2022/06/15/akselerasi-bangka-belitung-jadi-destinasi-wisata-halal-sekjen-mui-pusat-singgung-perlu-peran-sdm.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm